Kisah Abdul Jabbar bin Khalid Al-Surti dan Seorang Pemuda yang Bertobat, Jalan Kebajikan yang Terbuka Lebar

- 29 Juni 2022, 17:00 WIB
/pixabay/azrialkukuh/

BERITA BANTUL – Abdul Jabbar bin Khalid Al-Surti adalah seorang ahli fikih yang saleh nan zuhud. Dia merupakan ulama yang populer di benua Afrika di masanya.

Ada sebuah kisah yang menarik tentang Abdul Jabbar bin Khalid Al-Surti ini yang berhasil membuat seorang pemuda bertobat.

Kisah ini memuat hikmah dan pelajaran yang luar biasa bagi kita semua. Kita pun akan mengetahui betapa akhlak Abdul Jabbar bin Khalid Al-Surti yang luar biasa baik.

Untuk mengetahui kisahnya, silakan simak sajian tulisan yang secara sederhana menampilkan sebuah pelajaran yang luhur ini.

Baca Juga: Gus Baha JENGKEL Bertingkat, Menggunakan Ibadah untuk Alasan Menyerang Orang Lain

Dikutip dari buku berjudul Qisasul Auliya’ (Qaf, 2020) karya Muhammad Khalid Tsabit, beginilah kisah dari Abdul Jabbar bin Khalid Al-Surti tersebut.

Pada suatu Jumat, Abdul Jabbar bin Khalid Al-Surti hendak pergi ke masjid untuk menunaikan shalat Jumat. Dalam perjalanan, tiba-tiba dia melihat seorang pemuda tampan yang berpakaian bagus diiringi seorang gadis.

Abdul Jabbar pun merasa gusar. Maka dia tindihkan satu kaki pada kaki lainnya sehingga tali sandalnya putus. Dia pun memanggil pemuda itu, “Wahai pemuda!”

Pemuda itu menoleh dan menghentikan langkahnya. “Ada apa?” tanya pemuda tersebut.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x