Kisah Umar bin Khatthab dan Ali bin Abi Thalib dalam Memahami Al-Qur’an, Kegeniusan dan Kesadaran

- 26 Juni 2022, 09:58 WIB
Al-Qur'an, kitab suci umat manusia
Al-Qur'an, kitab suci umat manusia /pixabay/shzern/

BERITA BANTUL – Umar bin Khatthab dan Ali bin Abi Thalib adalah dua sosok sahabat utama Rasulullah Muhammad saw. Keduanya adalah orang-orang terdekat beliau.

Umar bin Khatthab adalah mertua Rasulullah saw. karena Hafshah binti Umar adalah istri beliau. Sementara itu, Ali bin Abi Thalib adalah sepupu beliau karena Ali adalah anak dari paman beliau, Abu Thalib, juga sekaligus sebagai menantu beliau karena dia adalah suami dari Fatimah binti Muhammad.

Umar bin Khatthab dan Ali bin Abi Thalib pun sama-sama menjadi khalifah. Umar bin Khatthab adalah khalifah kedua setelah Abu Bakar. Umar bin Khatthab merupakan khalifah pertama yang bergelar amirul mukminin.

Sementara itu, Ali bin Abi Thalib adalah khalifah keempat menggantikan Utsman bin Affan. Dia melanjutkan estafet kekhalifahan di masa-masa sulit setelah beragam peristiwa dialami oleh umat Islam.

Baca Juga: Kisah Imam Abu Hanifah dan Khalifah Abu Ja’far Al Manshur yang Bertengkar dengan Istrinya, Persoalan Poligami

Meskipun keduanya merupakan sahabat utama Rasulullah saw., nyatanya keduanya adalah sosok yang berbeda. Umar berperangai tegas dan disiplin, sementara Ali adalah sahabat yang cerdas dan genius.

Ada satu kisah keduanya yang menarik yang menampilkan ketegasan dan kedisiplinan Umar serta kecerdasan dan kegeniusan Ali.

Dikutip dari buku berjudul Makrifat Auliya’ (Qaf, 2020) karya Syekh Muhammad Abu Al-Yusr Abidin, disebutkan salah satu kisah yang menarik mengenai Umar dan Ali. Berikut ini kutipannya.

Baca Juga: Para Sahabat Itu Mencintai Nabi dengan Cara yang Berbeda, Gus Baha: Mencintai Itu Ekspresinya Macam-Macam

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x