Biografi Ali Al Akbar, Putra Sayyidina Husein yang Tewas di Karbala

- 13 Juli 2022, 13:00 WIB
Biografi Ali Al Akbar, Putra Sayyidina Husain yang Tewas di Karbala
Biografi Ali Al Akbar, Putra Sayyidina Husain yang Tewas di Karbala /

BERITA BANTUL - Ini adalah biografi Ali Al Akbar, putra Sayyidina Husein cucu Rasulullah SAW.

Ali Al Akbar merupakan putra dari Sayyidina Husain dan Laila binti Abi Murra bin Urwah bin Mas'ud As Tsaqafi.

Sebagaimana dikutip Beritabantul.com dari Alhasanain, berikut ini Biografi Ali Al Akbar putra Sayyidina Husein yang turut tewas di Karbala.

Baca Juga: Ini Perkataan Terakhir Sayyidina Husein Cucu Rasulullah Sebelum Dipenggal Kepalanya

Ali Al Akbar adalah cucu Rasulullah Saw, bernama lengkap Ali Al Akbar ibn Husein ibn Ali ibnu Abi Thalib, dilahirkan pada 11 Sya'ban tahun 33 H pada peristiwa 10 Muharram di Karbala usia beliau 27,5 th.

Disebut Ali Al Akbar karena dia lebih tua dari Imam Ali Zainal Abidin yang dilahirkan pada 5 Sya'ban tahun 38 H atau berusia 23 th saat peristiwa 10 Muharram di Karbala.

Ali Al Akbar juga putra tertua dari Sayyidina Husain, nama kuniyahnya adalah Abul Hasan. Ibunya bernama Laila binti Abi Murra bin Urwah bin Mas'ud As Tsaqafi.

Kakek beliau dari pihak ibu, Urwah as Tsaqafi adalah salah seorang yang paling terpandang dikalangan bangsa arab pada masanya.

Ungkapan arab saat itu mengatakan: "Hanya ada 4 orang yang memiliki seluruh kemuliaan arabia, tidak seorangpun mampu melewati mereka, mereka adalah Bashir al 'Abdi, Malik al Majlisi, 'Adi ibn Hatim dan Urwah ibn Mas'ud as Tsaqafi."

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x