Lima Keutamaan Surat Yasin, Nomor 5 Jadi Cita-cita Semua Umat Islam

- 26 November 2022, 20:57 WIB
Lima Keutamaan Surat Yasin, Nomor 5 Jadi Cita-cita Semua Umat Islam
Lima Keutamaan Surat Yasin, Nomor 5 Jadi Cita-cita Semua Umat Islam /Pixabay

HIKMAH - Berikut ini adalah penjelasan mengenai lima keutamaan atau hikmah surat Yasin yang wajib anda ketahui. Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al Qur'an yang termasuk dalam golongan surat Makkiyah.

Surat Yasin terdiri dari 83 ayat. Dalam surat Yasin berisi tentang akidah umat sebelum Nabi Muhammad, perjuangan Rasulullah dalam menyampaikan risalah kenabian, keagungan Allah, dan keanekaragaman perilaku manis.

Surat Yasin menjadi salah satu surat yang sangat populer dimasyarakat dan sering menjadi amalan-amalan dalam majelis taklim. Surat Yasin juga dibaca ketika melaksanakan ziarah kubur dan rutinan majelis taklim di malam jum'at.

Baca Juga: Kisah Khidir dan Air Kehidupan bersama Plato, Aristoteles, dan Alexander Agung

Lalu apa keutamaan dari surat Yasin sehingga banyak digemari dan diamalkan oleh banyak orang, terutama di hari malam Jum'at?

Berikut ini adalah lima keutamaan dan keistimewaan surat Yasin yang wajib anda ketahui.

Pertama, surat Yasin merupakan hatinya Al Qur'an. Barang siapa yang membacanya, Allah mencatat pahala bagi pembacanya yang sebanding dengan membaca Al-Qur'an sepuluh kali.

Kedua, Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam Jumat, maka Allah memberikan keimanan yang kukuh.

Ketiga, Barang siapa berziarah ke kuburan, lalu membaca surat Yasin, maka Allah meringankan siksa seluruh ahli kubur pada waktu itu. Selanjutnya, pembaca surat Yasin memperoleh pahala yang sama dengan jumlah pahala ahli kubur yang ada.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x