Bacaan Doa Awal Tahun; Mohon Kebaikan kepada Allah untuk Menjalani Lembaran yang Baru

- 18 Juli 2023, 14:56 WIB
Doa Awal Tahun Hijriah
Doa Awal Tahun Hijriah /pixabay.com/shariarfc (diolah Berita Bantul)/

BERITA BANTUL – Bacaan doa akhir tahun; mohon kebaikan kepada Allah untuk menjalani lembaran yang baru.

Setiap umat Islam dianjurkan untuk berdoa pada awal tahun Hijriah. Doa awal tahun ini sebaiknya menjadi amalan setiap umat Islam.

Harapannya, Allah memberikan kebaikan kepada kita untuk menjalani lembaran baru di tahun Hijriah yang baru.

Sebagaimana yang populer di kalangan umat Islam, berikut ini bacaan doa awal tahun yang hendaknya dibaca setelah memasuki tahun baru, yakni malam pertama di bulan Muharram, tepatnya ketika memasuki waktu Magrib.

Baca Juga: Bacaan Doa Akhir Tahun; Mohon Ampunan kepada Allah agar Menjadi Pribadi yang Mulia

Berikut inilah doa awal tahun yang hendaknya dibaca setelah shalat Magrib.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعٰلمِيْنَ. وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللهم أَنْتَ اْلأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ وَ عَلىٰ فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ وُجُوْدِكَ المُعَوَّلِ وَ هٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْأَلُكَ اْلعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلىٰ هٰذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنَا إِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعٰلمِيْنَ.

Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu wa ‘alaa fadhlikal ’azhimi wujuudikal mu’awwali  wa haadza ‘aamun jadiidun qad aqbala nas-alukal ‘ishmata fiihi minasy syaithaani wa auliyaa-ihi wa junuudihi wal ’auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu-i wal isytighaala bimaa yuqarribunaa ilaika zulfaa yaa dzal jalaali wal ikraami yaa arhamar raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam, walhamdulillaahi robbil 'aalamiin.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.  Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan dan penghulu kami Muhammad beserta para keluarga dan sahabatnya. dan Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x