Keutamaan Malam Pertama Bulan Rajab, Lengkap Dalil dan Penjelasannya

- 2 Februari 2022, 08:31 WIB
Keutamaan Malam Pertama Bulan Rajab/ Ahmad Lailatus Sibyan
Keutamaan Malam Pertama Bulan Rajab/ Ahmad Lailatus Sibyan /Ahmad Lailatus Sibyan/ BERITA BANTUL/

BERITA BANTUL - Satu Rajab 1443 H akan jatuh pada hari Kamis tanggal 3 Februari 2022. Hal itu terjadi karena hasil ruqyah menunjukkan hilal tidak terlihat. 

Bulan Rajab sendiri merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Allah SWT berfirman dalam surah At Taubah ayat 36, yang menyatakan Allah memasukkan bulan Rajab kedalam bulan hurum atau kedalam bulan-bulan yang dimuliakan.

Pada bulan Rajab inilah tentu banyak keutaman-keutamaan yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang taat. Terlebih pada malam 1 Rajab memiliki segudang keutamaan. Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari postingan facebook KH. Ma'ruf Khozin, Ketua Aswaja Center PWNU Jawa Timur, diunggah pada rabu, 2 Februari 2022.

KH. Ma'ruf Khozin menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan pada malam 1 Rajab. Para ulama Salaf sejak masa Sahabat sudah mengenal keutamaan Rajab, khususnya awal malam pertama. Misalnya yang disampaikan imam Mazhab kita:

(ﻗﺎﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ) : ﻭﺑﻠﻐﻨﺎ ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻘﺎﻝ: ﺇﻥ اﻟﺪﻋﺎء ﻳﺴﺘﺠﺎﺏ ﻓﻲ ﺧﻤﺲ ﻟﻴﺎﻝ ﻓﻲ ﻟﻴﻠﺔ اﻟﺠﻤﻌﺔ، ﻭﻟﻴﻠﺔ اﻷﺿﺤﻰ، ﻭﻟﻴﻠﺔ اﻟﻔﻄﺮ، ﻭﺃﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺭﺟﺐ، ﻭﻟﻴﻠﺔ اﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ

Asy-Syafii berkata bahwa telah sampai kepada kami: "Doa dikabulkan pada 5 malam, malam Jumat, malam idul Fitri, malam idul Adha, awal malam Rajab dan malam nisfu syaban" (Al-Umm 1/264)

Ia melanjutkan, bahwa Perkataan ini juga disampaikan oleh Sahabat Ibnu Umar (Mushannaf Ibni Abdirrazzaq), Khalifah Umar bin Abdul Aziz (At-Targhib wa Tarhib), dan Khalid bin Ma'dan (Fadhail Rajab, Al-Khallal).

Pentarjih utama Mazhab Syafi'i, Imam Nawawi, menjelaskan:

ﻭاﺳﺘﺤﺐ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭاﻷﺻﺤﺎﺏ اﻹﺣﻴﺎء اﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﻣﻊ ﺃﻥ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﺿﻌﻴﻒ ﻟﻤﺎ ﺳﺒﻖ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ اﻟﻜﺘﺎﺏ ﺃﻥ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ اﻟﻔﻀﺎﺋﻞ ﻳﺘﺴﺎﻣﺢ ﻓﻴﻬﺎ ﻭﻳﻌﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﻭﻓﻖ ﺿﻌﻴﻔﻬﺎ

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x