Resiko Sembarangan dalam Menyampaikan Pendapat atau Kesimpulan, Gus Baha Ingatkan Kepada Seluruh Muhibinnya

- 13 Februari 2022, 16:50 WIB
Gus Baha Jelaskan Resiko sembarangan berpendapat
Gus Baha Jelaskan Resiko sembarangan berpendapat /Tangkapan layar ngaji Gus Baha/

BERITA BANTUL - Gus Baha mengingatkan kepada majlis muhibinnya tentang pentingnya dalam memberikan sebuah pendapat dari ulama dan dirinya sendiri.

Menyikapi sebuah problem kehidupan yang begitu banyak terkadang membuat orang yang merasa faham tentang hal yang dimaksud menyampaikan pendapat atau kesimpulannya secara sembarangan.

Hal ini membuat Gus Baha menyampaikan dalam majlis ngajinya dengan kata kunci "Ini Penting saya utarakan" dan "Perhatikan betul ini, Awas kalau tidak faham"

Baca Juga: Gus Baha Kisahkan Humor Mbah Moen dengan Santri Lugunya

Penyampaian itu dirasakan Gus Baha yang melihat banyak orang sembarangan dalam memberikan pendapatnya dengan kata kunci "pendapat saya", "menurut saya" dan lain sebagainya.

Dilansir dari BeritaBantul.com, dari kanal akun youtube Santri Gayeng yang berjudul "Gus Baha: Jangan Sembarangan Bilang 'Pendapat Saya'!", yang diunggah pada tanggal 7 Februari 2022.

Gus Baha mengingatkan bahwa, hal yang harus di perhatikan adalah Janganlah terlalu sembarangan berkata apa saja, bahkan tidak menguasai bidang itu, lantas menggadang-gadang "inilah pendapat saya!"

Di Dalam video tersebut, Gus Baha menjelaskan dan mengisahkan saat dirinya didatangi oleh Najwa Shihab.

Pak Quraish, cerita Gus Baha. ialah seorang habib, ijma' habib. jikalau berpendapat beliau selalu mengatakan "kita". alasannya adalah karena ilmu itu berasal dari ayahnya, gurunya, dan leluhur-leluhurnya, inilah alasan Pak Quraish Shihab jikalau ditanya soal sebuah masalah pasti menggunakan kata "kita".

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: youtube.com/Santri Gayeng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x