Lestarikan Budaya Adi Luhung, Dinas Kebudayaan Kulonprogo Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja 2022

- 24 Februari 2022, 23:41 WIB
Dinas Kebudayaan Kulonprogo Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja 2022
Dinas Kebudayaan Kulonprogo Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja 2022 /Foto Dinas Kebudayaan Kulonprogo/

BERITA BANTUL – Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulonprogo menggelar Festival Dalang Anak dan Remaja 2022.

Festival ini diselenggarakan pada 24-27 Februari 2022 di auditorium Taman Budaya Kulonprogo.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulonprogo, Niken Probo Laras, seperti dikutip beritabantul.com dari Antara, mengatakan Festival Dalang Anak dan Remaja digelar dalam rangka mengembangkan budaya adiluhung yang dapat dinikmati masyarakat.

Baca Juga: Murah Hanya 70 Ribu Rupiah, Rasakan Sensasi Wisata Keliling Pedesaan Bantul dengan Naiki Gerobak Sapi

"Festival ini untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk memahami dan mencintai budaya pewayangan di Kulonprogo dan juga sebagai ajang mengembangkan budaya yang adiluhung yang dapat dinikmati masyarakat," kata Niken.

Selain itu, lanjutnya, acara juga bertujuan memberikan apresiasi seni kepada generasi muda khususnya anak dan remaja agar dapat memahami potensi budaya Kulonprogo khususnya dan DIY pada umumnya.

Ada 12 Kapanewon se-Kabupaten Kulonprogo yang ikut serta dalam festival. Setiap harinya, akan tampil tiga Kapanewon, baik untuk kategori anak maupun remaja.

Acara ini ditayangkan secara streaming melalui kanal Youtube Dinas Kebudayaan Kulonprogo. Kategori anak berlangsung mulai pukul 13.00, sedangkan kategori remaja mulai pukul 19.30.

"Nantinya lima penyaji terbaik akan mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan. Adapun besaran uang pembinaan adalah sebesar Rp5 juta untuk penyaji terbaik pertama, kedua Rp4,5 juta, ketiga Rp4 juta, keempat Rp3,5 juta dan kelima menerima Rp3 juta," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana mengapresiasi dalang-dalang anak dan remaja yang turut tampil dalam festival tersebut, yang telah turut aktif melestarikan budaya wayang yang adi luhung.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x