Damparan RMI PWNU DIY, Forum Silaturahim Kiai dan Ibu Nyai Jawab Persoalan Pesantren

- 12 September 2022, 22:46 WIB
RMI PWNU DIY membentuk forum Damparan untuk kiai dan ibu nyai pesantren di DIY
RMI PWNU DIY membentuk forum Damparan untuk kiai dan ibu nyai pesantren di DIY /beritabantul/

YOGYAKARTA - Forum silaturahim kiai dan ibu nyai pimpinan pondok pesantren di Daerah Istimewa Yogyakarta diresmikan dengan nama Damparan. 

Damparan adalah forum yang diadakan oleh Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) atau asosiasi pondok pesantren, yakni lembaga yang berada di bawah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Daerah istimewa Yogyakarta (PWNU DIY).

Peresmian forum Damparan dilaksanakan pada Jum’at, 9 September 2022 di Auditorium Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari, Menara Al Musthofa Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Baca Juga: Ketua PWNU DIY Sebut Pancasila Sebagai Amanat Muktamar yang Harus Dijalankan

Menurut Ketua RMI PWNU DIY, KH Nilzam Yahya, ada sebanyak 210 pimpinan pondok pesantren Nahdlatul Ulama di Yogyakarta yang mengikuti forum Damparan.

"Forum Damparan ini untuk merespon berbagai problematika yang ada di sekitar lingkungan pesantren," tegas Kiai Nilzam.

"Bahwa melalui forum ini, seluruh pimpinan pondok pesantren se-DIY dapat mempererat tali silaturahim dan juga merealisasikan banyak agenda kemajuan pesantren," tegasnya, dikutip dari rilis yang diterima, 12 September 2022.

Kiai Nilzam juga menjelaskan, sebagai wadah silaturahi, Damparan juga jadi forum pimpinan pesantren dan stakeholders pesantren untuk berdiskusi terkait UU Pesantren, khususnya pesantren-pesantren NU.

“Mulai dari yang bersifat administratif seperti NSPP, AHU/SK Kemenkumham hingga berbagai hal yang sifatnya substansial terkait kebijakan pesantren yang ramah lingkungan, sistem pengajaran, dan kurikulum," katanya.

Baca Juga: Gus Anis Pimpin Lembaga Bahtsul Masail PWNU DIY Periode 2022-2027, Berikut Profil Lengkapnya

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x