Mengapa Dalam Islam Ada Aswaja? Singgung Kegunaan Aswaja di Indonesia

- 22 November 2022, 23:10 WIB
80 Guru Madin Jateng Ikuti Pelatihan Cara Pengajaran Aswaja di Magelang
80 Guru Madin Jateng Ikuti Pelatihan Cara Pengajaran Aswaja di Magelang /beritabantul.com/

Sebagai umat Islam pasti sudah sering mendengar kata “aswaja”. Namun, apakah sudah memahami apa itu aswaja? Apakah ajaran baru dalam Islam?

Sedikit menyinggung, bahwa aswaja bukanlah ajaran baru dalam Islam. Tetapi secara terminologi aswaja atau Ahlusunnah wal jama’ah golongan yang mengikuti ajaran rasulullah dan para sahabat-sahabatnya.

Nah, jelas bukan maknanya bahkan aswaja juga memiliki prinsip yang selalu menjadi pegangan, apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Memahami Amal Paling Utama Menurut Rasulullah SAW

Secara syubhat sudah ada di zaman Rasulullah meskipun belum ada istilah aswaja. Aswaja ini dipopulerkan oleh Al Maturidi dan Al Asy'ari. Berputar pada tiga kerangka bidang, yaitu: aqidah (mengikuti aqidah Al Maturidi dan Al Asy’ari), fiqih (mengikuti salah satu mazhab), dan tasawuf (mengikuti tasawuf Al Ghazali dan Al Junaedi).

Namun, jika hanya mengikuti tiga hal itu maka aswaja kesannya kaku, sebab hanya dipahami sebagai sebuah mazhab atau doktrin yang diikuti oleh para pengikutnya.

Sehingga di zaman sekarang aswaja dijadikan sebagai manhaj fikr (metode berpikir) yang diharapkan mampu menjawab segala persoalan hidup manusia.

Dengan demikian, kita perlu mengetahui siapa yang termasuk aswaja atau bukan, maka harus memiliki prinsip aswaja, diantaranya sebagai berikut ini.

Baca Juga: Kenapa Shalat Sunah Sering Dilakukan? Ini Jawabannya, Nomor 4 Bisa Bikin Kamu Semangat Ibadah

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Aswaja


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x