Info BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrim Wilayah DIY Pada 18-20 Januari 2023

- 18 Januari 2023, 05:56 WIB
Info BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrim Wilayah DIY Pada 18-20 Januari 2023
Info BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrim Wilayah DIY Pada 18-20 Januari 2023 /BMKG/

YOGYAKARTA - Info BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrim Wilayah DIY Pada 18-20 Januari 2023.

BMKG memberikan informasi penting terkait prediksi kondisi cuaca ekstrim wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada 18-20 Januari 2023.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono, BMKG DIY memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Baca Juga: Biografi Singkat Cak Nun, Sedang Ramai Dibahas Karena Sebut Jokowi Firaun

"Potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 18-20 Januari 2023 dapat terjadi di wilayah DIY," tegasnya, dikutip dari BMKG.

Karenanya, BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap kondisi yang terjadi selama tiga hari itu.  

Berikut ini selengkapnya informasi BMKG terkait waspadai cuaca ekstrim wilayah DIY.

PROSPEK CUACA EKSTRIM TIGA HARIAN DI WILAYAH D.I YOGYAKARTA
(BERLAKU TANGGAL 18 - 20 JANUARI 2023)

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut terpantau positif di Laut Jawa yakni 0.5 s/d 2.0 °C, Indeks ENSO di Nino 3.4 bernilai -0.59 yang menyebabkan potensi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, serta Indeks IOD bernilai 0.01 yang berarti suplai uap air dari wilayah Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian Barat tidak signifikan (tidak mendukung pembentukan awan hujan).

Kondisi tersebut didukung adanya sirkulasi Eddy di Kalimantan serta pusat tekanan udara rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera dan Laut Coral sebelah Timur Australia yang menyebabkan terbentuknya pola konvergensi (pertemuan arus angin) dan shearline (belokan angin) di wilayah Jawa dan Perairan Selatan Jawa sehingga memicu peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah D.I Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x