RAHASIA TERBONGKAR! Novelis Rusia Peraih Nobel Sastra 1933 Tulis 11 Puisi Bertema Al-Qur’an, Ini Kisahnya

- 4 Maret 2022, 16:57 WIB
Pemenang Nobel Sastra Tahun 1933 Asal Rusia ini Pernah Menulis 11 Puisi Bertema Al Qur’an
Pemenang Nobel Sastra Tahun 1933 Asal Rusia ini Pernah Menulis 11 Puisi Bertema Al Qur’an /islamrusia/islam.ru/

BERITA BANTUL - Hanya sedikit yang tahu kalau seorang penyair asal Rusia, Ivan Alekseyevich Bunin, pernah menulis 11 puisi bertema Al Qur’an.

Al Quran dan Al Kitab, bagi Ivan Bunin menjadi ekspresi kebenaran universal tentang kehidupan dan manusia. Ia tertarik pada Islam dan mendorongnya melakukan perjalanan keliling negara-negara Muslim Timur.

Dikutip beritabantul.com dari situs islam dari rusia, Islam.ru, untuk pertama kali pada April 1903, Ivan Bunin mengunjungi Konstantinopel. Saat ini Bunin membaca Al Quran secara keseluruhan.

Baca Juga: Putin Siapkan 'Kiamat' dengan Senjata Ampuhnya, Ternyata Ini Binatang yang Akan Keluar Jelang Kiamat

Menurut memoar istrnya, Vera Muromtseva, Ivan Bunin sangat terpesona dengan Al Quran. Dia kemudian ingin mengunjungi kota-kota yang ditaklukkan oleh Nabi Muhammad dengan kenangan sejarah.

Ivan Bunin pertama kali berkenalan dengan Al Quran berkat karya terjemahan K. Nikolaev yang diterbitkan di Moskow pada tahun 1865, dari terjemahan Prancis oleh M. Kazimirsky.

Menurut Muromtseva, tinggal di Konstantinopel selama sebulan adalah salah satu peristiwa puitis dan terpenting dalam kehidupan spiritual Ivan Bunin.

“Bizantium menyentuh Bunin sedikit pada masa itu, dia tidak merasakannya, tetapi Islam masuk jauh ke dalam jiwanya," kenang sang istri dalam bukunya "The Life of Bunin".

Empat tahun kemudian, pada tahun 1907, Ivan Bunin kembali melakukan perjalanan ke negara-negara Muslim.

Ia mengunjungi tidak hanya Konstantinopel, tetapi juga Palestina, Suriah, Lebanon, dan Mesir. Pada tahun 1910 mengunjungi Aljazair, Tunisia, dan Lebanon.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Islam Rusia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x