KH Ma'ruf Zainuddin Pendiri Pesantren Ar-Risalah Lirboyo Kediri

- 6 Mei 2022, 01:59 WIB
KH Ma'ruf Zainuddin Pendiri Pesantren Ar-Risalah Lirboyo Kediri
KH Ma'ruf Zainuddin Pendiri Pesantren Ar-Risalah Lirboyo Kediri /facebook/santrilirboyo/

BERITA BANTUL - KH Ma'ruf Zainuddin Lirboyo Kediri dikabarkan wafat pada Kamis, 5 Mei 2022 / 4 Syawal 1443 Hijriyah, sekitar pukul 22.45 WIB. 

KH Ma'ruf Zainuddin dikenal sosok kiai salaf yang punya terobosan besar, yakni mendirikan pesantren yang memberikan layanan pendidikan umum dengan level tinggi. 

Pesantren Ar-Risalah bukan sebatas mengajarkan ilmu agama ala salaf, tapi juga memberikan pendidikan umum dengan level internasional. 

Baca Juga: Kenangan Santri terkait Keistimewaan KH Ma'ruf Zainuddin Lirboyo Kediri

Walaupun karakter salaf melekat kuat, tapi cara berfikir KH Ma'ruf Zainuddin sangat visioner, yakni menyiapkan generasi santri yang siap jawab tantangan masa depan. 

Dikutip dari laman pesantren Ar-Risalah, dijelaskan bahwa Pondok Pesantren Salafiy Terpadu (PPST) Ar-Risalah didirikan oleh KH. M. Ma’roef Zainuddin beserta istrinya Nyai Hj. Aina ‘Ainaul Mardliyyah Anwar.

Pesantren Ar-Risalah berdiri pada tahun 1426 Hijriyah yang bertepatan dengan bulan Syawwal atau bulan Februari 1995.

Secara geografis, pondok pesantren ini terletak di Desa Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur, menempati satu komplek dengan Pondok Pesantren Lirboyo.

Perkembangan yang relatif cepat pada lembaga yang baru ini ditindaklanjuti dengan pendirian Yayasan Pendidikan Ar-Risalah yang akta notarisnya diterbitkan pada tahun 1995.

Satu tahun kemudian, pendidikan formal tingkat Sekolah Dasar dimulai tahun pelajaran 1996-1997.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x