Isyarat Rasulullah kepada Utsman bin Affan agar Tak Melepaskan Jabatannya sebagai Khalifah; Ramalan yang Tepat

- 25 Juli 2022, 19:03 WIB
Ilustrasi pembaiatan Utsman bin Affan sebagai khalifah
Ilustrasi pembaiatan Utsman bin Affan sebagai khalifah /Public Domain/

BERITA BANTUL – Utsman bin Affan adalah salah satu sahabat utama Rasulullah saw. yang kaya raya dan dermawan.

Harta yang digunakannya untuk mendukung dakwah Islam sudah tidak bisa dihitung dengan dinar dan dirham karena saking banyaknya.

Utsman bin Affan berasal dari Bani Umayah. Pada awal dakwah Islam, Bani Umayah yang merupakan subklan dari Bani Abdu Syams sangat keras menolak dakwah Rasulullah saw.

Akan tetapi, Utsman justru menjadi salah seorang yang pertama masuk Islam dan mempertahankannya dengan segenap jiwa raganya. Wajar saja jika Utsman adalah orang penting pada perkembangan Islam awal.

Baca Juga: Siapakah yang Membunuh Utsman bin Affan? Misteri yang Benar-Benar Sulit untuk Diungkap

Utsman juga merupakan menantu Rasulullah saw. karena dia menikahi dua putri beliau, yakni Ruqayyah dan Ummu Kaltsum. Karena hal inilah Utsman mendapat julukan Dzunnurain (pemilik dua cahaya).

Ternyata, Rasulullah saw. juga pernah meramalkan bahwa di kemudian hari Utsman akan dipaksa untuk melepas pakaiannya. Pakaian tersebut diisyaratkan sebagai jabatan khalifah atau amirul mukminin.

Dikutip dari buku berjudul Rasulullah saw.; The Untold Story (Quanta, 2015) karya Ali Abdullah disebutkan pesan Rasulullah saw. kepada Utsman bin Affan terkait isyarat pakaian tersebut.

Rasulullah saw. berpesan kepada Utsman bahwa suatu saat Utsman akan diberi pakaian oleh Allah. Maksud dari pakaian itu adalah gelar pemimpin atau khalifah.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x