Biografi Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Syihab Az-Zuhri, Tabi'in yang Suka Menulis dan Hafal Ribuan Hadis

- 2 Agustus 2022, 15:00 WIB
Biografi Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Syihab Az-Zuhri, Tabi'in yang Suka Menulis dan Hafal Ribuan Hadis
Biografi Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Syihab Az-Zuhri, Tabi'in yang Suka Menulis dan Hafal Ribuan Hadis /Freepik.com/@wirestock

BERITA BANTUL - Biografi Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Syihab Az Zuhri, Tabiin yang suka menulis dan hafal ribuan hadis.

Ia merupakan orang pertama yang membukukan ilmu hadis atas perintah Khalifah Umar bin Abdul Aziz.

Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Syihab Az Zuhri, termasuk shighar at-tabi’in (tabi’in junior) Beliau adalah seorang yang kaya lagi dermawan.

Baca Juga: Sayyidah Zainab Cucu Rasulullah, Perempuan yang Diberi Nama Langsung oleh Allah Melalui Malaikat Jibril

Beliau memiliki kedudukan yang tinggi di dalam Daulah Bani Umayyah. Allah mengaruniakan kepada beliau kecerdasan yang tinggi dan kekuatan hafal yang mengagumkan.

Dengan itu semua Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Syihab Az Zuhri mendapat kedudukan tinggi terutama dalam bidang ilmu hadis.

Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah bin Abdullah dilahirkan di tahun 58 Hijriah, di akhir kepemimpinan Muawiyah.

Pada tahun itu juga terjadi kejadian wafatnya Aisyah radhiallahu ‘anha, istri Rasulullah SAW. Ibnu Syihab Az Zuhri tinggal di Ailah sebuah desa antara Hijaz dan Syam, reputasinya menyebar sehingga ia menjadi tempat berpaling bagi para ulama Hijaz dan Syam.

Selama delapan tahun Ibnu Syihab Az Zuhri ia tinggal bersama Sa’id bin Al-Musayyab di sebua desa bernama Sya’bad di pinggir Syam. Disana pula ia wafat.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah