Haul Solo 2022, Ini Biografi Habib Anis Bin Alwi Al Habsyi Pemilik Julukan 'The Smiling Habib'

- 15 November 2022, 11:00 WIB
Haul Solo 2022, Ini Biografi Habub Anis Bin Alwi Al Habsyi Pemilik Julukan 'The Smiling Habib'
Haul Solo 2022, Ini Biografi Habub Anis Bin Alwi Al Habsyi Pemilik Julukan 'The Smiling Habib' /faceboon ustadz muhammad al-habsyi/

BIOGRAFI - Berikut ini adalah Biografi Al Habib Anis bin Alwi al Habsyi Solo. Habib Anis bin Alwi al-Habsyi adalah ulama’ kharismatik Indonesia dari Solo. Seorang ulama berdarah Hadramaut dan termasuk ahlu bait Rasulullah Saw.

Habib Anis memiliki karakteristik layaknya dari keluarga orang Jawa jika berbicara dengan orang Jawa. Demikian juga, beliau bisa bernada tinggi layaknya orang Sunda ketika bercakap dengan orang Sunda.

Mahir berbahasa Indonesia jika berhadapan dengan selain orang Jawa dan Sunda, dan jika sedang bersama dengan sesama Habaib, beliau menggunakan bahasa Arab Hadrami. Senyum lembutnya adalah ciri khas beliau yang mampu membuat hati orang lain luluh dan simpati.

Baca Juga: Biografi Syekh Yusuf Al Qaradhawi, Usia 10 Tahun Sudah Hafal Al Qur'an 30 Juz

Ketika membaca Maulid Simtu ad-Durar, serasa Rasulullah Saw. hadir dalam majlis tersebut. Suara beliau yang lembut dan mendayu-dayu, akan menyentuh setiap hati yang merindukan Rasulullah Saw. Hingga tak jarang hati itu terkesiap, dan menitikkan air mata.

Habib Anis dilahirkan di Garut, Jawa Barat. Pada tanggal 5 Mei 1928 M. Lahir bayi mungil dari pasangan Habib Alwi al Habsyi dan Syarifah Khadijah, yang setelah besarnya terkenal dengan nama Habib Anis bin Alwi al Habsyi.

Ayah beliau adalah putra dari Habib Ali al Habsyi, muallif (pengarang) maulid Simtu ad-Durar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Maulid al Habsyi. Kakek beliau, Habib Ali, sendiri adalah warga Hadramaut, Yaman, yang hijrah ke Indonesia dengan tujuan dakwah.

Ketika beliau berumur 9 tahun, bersama keluarga beliau pindah ke Solo, dan menetap di kampung Gurawan, Pasar Kliwon, Solo. Sejak kecil sebenarnya beliau telah dididik oleh sang ayah yang sekaligus menjadi gurunya. Selain itu beliau juga bersekolah di Madrasah Ar-Ribathah Alawiyah yang terletak di samping sekolahan beliau.

Rabithah Alawiyah sendiri adalah sebuah madrasah yang didirikan oleh ulama’-ulama’ sepuh termasuk ayah beliau.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x