Peristiwa Bulan Syawal: Rasulullah Berdakwah ke Thaif namun Mendapatkan Penolakan yang Keras

- 16 Mei 2022, 01:15 WIB
Rasulullah Muhammad saw.
Rasulullah Muhammad saw. /pixabay/Abdullah_Shakoor

BERITA BANTUL – Pada bulan Syawal, terdapat salah satu fragmen sejarah Rasulullah saw. yang menarik. Itu terjadi sekitar tiga tahun sebelum peristiwa hijrah ke Yatsrib atau Madinah.

Salah satu fragmen sejarah tersebut ialah bahwa Rasulullah Muhammad saw. berdakwah kepada kaum Thaif namun mendapatkan penolakan, bahkan pengusiran.

Setelah kewafatan dua pelindung utama Rasulullah saw., yakni Khadijah dan Abu Thalib, perlakuan kaum musyrik Quraisy Mekkah kepada beliau semakin berani dan semena-mena.

Rasulullah saw. pun berinisiatif untuk berdakwah ke Thaif dan mengajak Bani Tsaqif, penguasa Thaif, agar menerima dakwah beliau.

Baca Juga: Kesederhanaan KH Abdullah Schal Pengasuh Pesantren Syaichona Cholil Bangkalan

Dikutip dan buku The Great Episodes of Muhammad saw. (Noura Books, 2015) karya Dr. Al-Buthy, dikisahkan bahwa Bani Tsaqif menolak Rasulullah saw. mentah-mentah dan memperlakukan beliau dengan kasar seraya melontarkan kecaman dan penghinaan.

Rasulullah saw. pun pergi. Mereka melempari Rasulullah saw. dengan batu, sampai-sampai kedua kaki beliau berdarah. Sementara itu, Zaid bin Haritsah yang bersama beliau terus melindungi beliau dengan badannya hingga menderita banyak luka.

Ketika Rasulullah saw. tiba di kebun Utbah bin Rabiah, mereka berhenti mengejar beliau dan pulang ke rumah masing-masing. Rasulullah saw. berteduh di bawah pohon anggur karena letih dan kesakitan.

Baca Juga: Bolehkah Merayakan Hari Raya Ketupat? Berikut Penjelasan Fatwa Ulama Al Azhar

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x