3 Karomah Kiai Hamid Pasuruan, Mulai tentang Haji Sampai Politik

- 17 Juni 2022, 22:01 WIB
3 Karomah Kiai Hamid Pasuruan
3 Karomah Kiai Hamid Pasuruan /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Karomah Kiai Hamid Pasuruan sangat masyhur di hati masyarakat dan santri yang mengenalnya. 

Perilaku sehari-hari Kiai Hamid Pasuruan menjadi teladan hidup masyarakat, bahkan hingga persoalan yang tak biasa sekalipun. 

Di sini, ada tiga karomah Kiai Hamid Pasuruan yang sangat melekat di hati, mulai tentang peristiwa haji, keluarga, sampai persoalan politik. 

Baca Juga: Tanda Kewalian Kiai Hamid Pasuruan Saat Masih Kecil, Bertemu Nabi Saat di Madinah

Dikutip dari catatan KH Ahmad Gholban Aunirrahman di facebook pribadinya, dikisahkan tiga karomah Kiai Hamid Pasuruan yang diterima dari ayahnya, yakni KH Nadir Muhammad Jember. 

"Bila saya ditanya siapa kiai yang paling banyak membawa pengaruh dalam hidup saya, maka dengan tenang akan saya jawab beliaulah KH Abdul Hamid Pasuruan. Beliau memberi pengaruh besar dalam tujuan hidup, amaliyah dan pedoman hidup saya," tegas KH Ahmad Gholban Aunirrahman.

KH Ahmad Gholban Aunirrahman mengaku tidak pernah berjumpa Kiai Hamid Pasuruan, karena dirinya lahir bulan Juni 1982 sedang Kiai Hamid wafat pada Desember 1982.

Baca Juga: Berangkat Haji, Kiai Hamid Pasuruan Bertemu Sayyid Muhammad di Depan Makam Rasulullah

"Tapi yang pasti, diantara kiai yang paling sering dikisahkan oleh ayahanda, beliaulah KH Abdul Hamid Pasuruan," katanya.

Tiga kisah karomah Kiai Hamid Pasuruan disaksikan langsung dari ayahnya, KH Nadir Muhammad. Berikut tiga kisah karomah tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x