Doa Mohon Perlindungan dari Keburukan Diri Sendiri, Begini yang Diajarkan oleh Nabi Muhammad

- 18 Juni 2022, 09:08 WIB
Doa sebagai ikhtiar hamba memohon sesuatu kepada Sang Pencipta
Doa sebagai ikhtiar hamba memohon sesuatu kepada Sang Pencipta /pixabay/mohamed_hassan

 

BERITA BANTUL – Diri kita sendiri ini terdiri atas kebaikan dan keburukan. Seluruh anggota tubuh kita ini difungsikan sebagaimana kebutuhan kita, namun bisa untuk kebaikan dan bisa pula untuk keburukan.

Mata bisa kita gunakan melihat dan ini merupakan anugerah dan nikmat Allah yang luar biasa. Mata bisa kita gunakan sesuai keperluan kita dalam kehidupan ini.

Akan tetapi, mata pun bisa mendukung kemaksiatan yang ada. Misalkan, kita menggunakan untuk hal-hal yang tidak baik dan mengandung maksiat.

Begitu pula telinga, tangan, mulut, kaki, lisan dan lain sebagainya. Semua berpotensi untuk dijadikan kemaksiatan oleh diri kita.

Baca Juga: Dialog Batin KH Abdullah Sa'ad dengan Habib Luthfi bin Yahya

Oleh karena itu, perlulah kita untuk berlindung kepada Allah dari diri sendiri, agar kita senantiasa dihindarkan dari perbuatan-perbuatan yang buruk.

Rasulullah Muhammad saw. pernah mengajarkan satu doa untuk memohon perlindungan Allah dari keburukan diri sendiri. Doa tersebut merupakan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud yang terdapat dalam kitabnya, Sunan Abi Dawud.

Begini lafal doanya berikut terjemahannya:

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِي وَمِنْ شَرِّ بَصَرِي وَمِنْ شَرِّ لِسَانِي وَمِنْ شَرِّ قَلْبِي وَمِنْ شَرِّ مَنِيِّي

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah