Dahsyatnya Cara Orang Jawa Menghormati Wafatnya Sayyidina Husein Cucu Nabi Muhammad yang Gugur di Karbala

- 20 Juli 2022, 15:00 WIB
Dahsyatnya Cara Orang Jawa Menghormati Wafatnya Sayyidina Husein Cucu Nabi Muhammad yang Gugur di Karbala
Dahsyatnya Cara Orang Jawa Menghormati Wafatnya Sayyidina Husein Cucu Nabi Muhammad yang Gugur di Karbala /instagram.com/@andiepeci

BERITA BANTUL - Dahsyatnya cara orang Jawa menghormati wafatnya Sayyidina Husein cucu Nabi Muhammad yang gugur di Karbala.

Orang Jawa terkenal dengan keluhuran tata krama yang sangat menjunjung tinggi adab dan sopan santun kepada orang yang lebih tua, terlebih orang yang dihormati.

Termasuk salah satu wujud kedahsyatan sikap orang Jawa adalah dalam menghormati wafatnya cucu Nabi Muhammad yakni Sayyidina Husein yang gugur di Karbala.

Baca Juga: Rahasia Tangisan Terakhir Sayyidina Husein Saat Melihat 3 Ribu Tentara Musuh dalam Tragedi Karbala

Sebagaimana dikutip Beritabantul.com dari akun Facebook Machrus Zacky, Orang Jawa punya cara tersendiri untuk menghormati cucu Nabi Muhammad SAW yang wafat saat tragedi Karbala, yakni Sayyidina Husein bin Ali.

Kisah kelam sejarah yang masih terasa sampai saat ini. Ini menjadi pelajaran penting bagi umat Islam untuk terus mencintai keluarga Nabi tanpa henti.

Kisah dialog berikut ini menjadi ibroh hidup kita semua.

Ada seseorang cucu bertanya:

"Mbah, kenapa dalam budaya Jawa pada bulan Suro (Muharram) gak boleh mengadakan pesta hajatan..??? Apakah gara-gara Nyai Roro Kidul setiap bulan Suro mantu..???"

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x