Kisah Rasulullah Mengirim Salam Kepada Cicitnya, Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein

- 24 Juli 2022, 15:30 WIB
Kisah Rasulullah Mengirim Salam Kepada Cicitnya, Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein
Kisah Rasulullah Mengirim Salam Kepada Cicitnya, Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein /Public Domain/

BERITA BANTUL - Kisah Rasulullah mengirim salam kepada cicitnya, Muhammad Al Baqir putra Sayyidina Ali Zainal Abidin cucu dari Sayyidina Husein.

Nama lengkap dan silsilah beliau adalah Al-Imam Muhammad bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi Thalib Al- Qurosyi Al- Hasyimi (Rodhiallaahu 'anhum).

Beliau lahir di kota Madiinatul Munawwaroh hari Jum'at 12 safar Tahun 57 H/676M dalam riwayat lain ada yang mengatakan 1 Rajab 57H.

Baca Juga: Mimpi Sayyidina Husein Bertemu Rasulullah Sebelum Tragedi Karbala, Pesan Terakhir yang Menggetarkan

Ayah nya dan sekaligus gurunya adalah Imam 'Ali Zainal 'Aabidiin yang selamat dari tragedi karbala, putra dari Sayyid Syuhadaa' Sayyidina Husein bin 'Ali bin Abi Thaalib (Rodhiallaahu 'anhum).

Dan ibu nya adalah Sayyidah Fathimah binti hasan bin 'Ali (Radhiallaahu 'anhum). Dari pernikahan ini, maka lahirlah generasi pertama Ahlul Bayt yang kedua duanya bertemu, baik dari jalur Imam Hasan maupun Imam Husain, bertemu pada Sayyidina 'Ali Karomallaahu wajhah maupun Sayyidah Fathimah Az-Zahroo putri Rasulullah Saw.

Nama panggilan beliau adalah Abu Ja’far. Meski beliau diberi banyak gelar seperti Abu 'Abdullah, Imam Muhammad Al Baqir, Maulana AL-Baqir AL-'Uluum, panggilan yang umum dikenal dan digunakan adalah Imam Muhammad Al-Baqir.

Al-Baqir kata harfiah artinya memotong/ membelah. Digelari Al-Baqir (yang membelah bumi) karena kapasitas keilmuan beliau yang begitu mendalam sehingga diibaratkan dapat membelah bumi dan mengeluarkan isinya yang berupa pengetahuan-pengetahuan ( Al-Baqir Al-'Uluum).

Baca Juga: Kisah Ali Zainal Abidin Cicit Rasulullah Mengusir Kelompok Syiah Ekstrem dari Majelisnya

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x