Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jum’at

- 23 November 2022, 15:53 WIB
Al-Qur'an yang mulia
Al-Qur'an yang mulia /pixabay/Essam5/

RELIGION - Banyak yang belum tahu, bahwa membaca surah al-Kahfi pada hari Jum’at memiliki banyak keutamaan untuk ummat Islam. Baik dalam perkara dunia maupun akhirat.

Hari Jum’at merupakan hari besar untuk umat Islam dari pada hari lainnya dalam seminggu. Terdapat banyak keistimewaan pada hari tersebut, yang mana banyak yang berlomba-lomba dalam kebaikan pada hari itu.

Surah al-Kahfi termasuk dalam golongan surah Makiyyah, karena surah ini diturunkan di Kota Mekkah.

Baca Juga: Kalau Ingin Damai, Siapkan Alat Perang Sebanyak Mungkin Kata Gus Baha

Manfaat membaca surah al-Kahfi berkaitan erat dengan sabda Rasulullah Saw yang sangat menganjurkannya. Membaca surah al-Kahfi di hari Jum’at dapat menghindarkan umat Islam dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surah al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.”

Manfaat membaca surah al-Kahfi ini akan Allah Swt sebutkan pada hari kiamat. Manfaat membaca surah al-Kahfi akan membuat seseorang mendapat cahaya keberkahan.

Cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah Swt dalam surah al-Hadid ayat 12.

Terhindar dari fitnah dajjal, dari Ibnu Umar Radiyallahu ‘Anhuma, Rasulullah Saw bersabda: “Jika seorang manusia rajin membaca surah al-Kahfi tidak hanya pada hari Jum’at saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Ibadah.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x