Beberapa Fakta Menarik yang Prelu untuk Diketahui tentang Golongan Darah O

- 22 November 2022, 23:35 WIB
Ilustrasi golongan darah O.
Ilustrasi golongan darah O. /Pixabay/MAKY_OREL

PENDIDIKAN - Golongan darah O merupakan golongan darah yang paling umum di dunia karena golongan darah O dapat melakukan transfusi kesemua golongan darah dengan transfusi positif.

Hampir semua bank darah dan rumah sakit di seluruh dunia meminta persediaan golongan darah. terutama golongan darah O rhesus negatif paling banyak untuk disimpan.

Tipe orang yang memiliki golongan darah O, memiliki daya tahan tubuh yang kuat, cenderung mandiri, dan relatif berwatak keras kepala.

Baca Juga: Ini Pernyataan Antara Hebat dan Sukses Menurut Bapak Motivator Indonesia Mario Teguh

Tipe golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah. Antigen memiliki fungsi sebagai penanda atau pengenal sel pada tubuh.

Ada dua teknik yang dipakai untuk mengelompokan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (RH). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika anda ingin melakukan transfusi darah.

Seperti golongan darah O. untuk mengetahui seseorang memiliki golongan darah O, yaitu dengan darah diteteskan pada bidang yang telah diberi zat anti, dan jika hasilnya darah tidak menggumpal dikedua bidang, maka golongan darah tersebut adalah golongan darah O.

Dikutip dari halodoc.com, terdapat 6 fakta yang terdapat dalam golongan darah O, yaitu:

Baca Juga: Review Buku ADICERITA HAMKA: Visi Islam Sang Penulis Besar Untuk Indonesia Modern.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: halodoc.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x