Perkembangan Peradaban Islam Pada Masa Umawiyah Timur

- 15 November 2022, 12:40 WIB
Perkembangan Peradaban Islam Pada Masa Umawiyah Timur
Perkembangan Peradaban Islam Pada Masa Umawiyah Timur /facebook/udin/

PENDIDIKAN - Umawiyah Timur adalah sebuah dinasti yang didirikan oleh keturunan Umayyah atas rintisan Muawiyah (661-680 M), yang berpusat di Damaskus.

Daulah Umawiyah Timur merupakan fase ketiga kekuasaan Islam yang berlangsung selama lebih kurang satu abad (661-750 M).

Dinasti Umawiyah dalam keberhasilanya melakukan ekspansi kekuasaan Islam jauh lebih besar daripada imperium Roma pada puncak kebesaranya.

Baca Juga: Apa Itu Islam? dan Definisi Dari Islam Itu Sendiri.

Dikutip dari buku Sejarah Peradaban Islam; Dari Masa Klasik Hingga Modern, karya Dudung Abdurrahma, dkk. perkembangan peradaban pada Masa Umawiyah Timur terbagi menjadi 5 bagian yaitu; arsitektur, organisasi militer, perdagangan, kerajinan, dan reformasi fiskal.

Pertama. Arsitektur.

Seni arsitektur pada zaman Umawiyah bertekan pada bangunan-bangunan sipil berupa kota-kota, serta bangunan keagamaan seperti masjid-masjid.

Damaskus pada masa sebelum Islam, yaitu merupakan ibukota kerajaan Romawi Timur di Syam, yang merupakan kota lama yang dibanggun kembali pada masa Umawiyah, dan dijadikan sebagai ibukota daulah.  

Di kota tersebut dibangun gedung-gedung indah yang memiliki nilai seni, yang dilengkapi dengan jalan-jalan serta taman rekreasi yang menakjubkan.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x