Jangan Sampai Indonesia Bernasib Seperti Ukraina, Pengamat Militer: Ada 2 Solusi!

- 4 Maret 2022, 00:02 WIB
Jangan Sampai Indonesia Bernasib Seperti Ukraina
Jangan Sampai Indonesia Bernasib Seperti Ukraina /tangkapan layar Youtube Helmy Yahya Bicara/

BERITA BANTUL – Analis Pertahanan dan Militer, Connie Rahakundini Bakrie memperingatkan Indonesia bisa bernasib sama seperti Ukraina.

Pasalnya, apa yang terjadi di Ukraina saat ini tidak menutup kemungkinan juga bisa dialami oleh Indonesia.

"Kita mesti belajar banyak dari posisi Ukraina dan Rusia hari ini, karena Indonesia sama posisinya," ucap Connie Rahakundini Bakrie, Selasa, 1 Maret 2022.

Baca Juga: Putin Siapkan 'Kiamat' dengan Senjata Ampuhnya, Ternyata Ini Binatang yang Akan Keluar Jelang Kiamat

Dikutip beritabantul.com dari pikiran-rakyat.com, Dia pun membeberkan alasan mengapa Indonesia bisa bernasib serupa dengan Ukraina yang saat ini tengah berperang dengan Rusia.

"Contoh hari ini Indonesia, makanya saya bilang dalam konteks Ukraina dan Rusia, saya mau tarik ke Indonesia. Bedanya apa kita sama Rusia hari ini?" ujar Connie.

Menurutnya, Indonesia dikelilingi oleh negara-negara yang membentuk kerja sama pertahanan, yakni Five Power Defense Arrangements (FPDA) dan The Quad.

FPDA merupakan kerja sama yang digalang oleh negara-negara bekas jajahan Inggris (Commonwealth) yang beranggotakan Inggris, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia.

Sedangkan The Quad adalah empat negara di kawasan Indo-Pasifik yakni Australia, India, Jepang, dan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Serangan Rusia, 227 Warga Sipil di Ukraina Tewas, 525 Terluka dan 870 Ribu Selamatkan Diri ke Negara Tetangga

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah