Lembaga Think Tank Australia Soroti Indonesia, AS dan China Jadi Ancaman!

- 7 April 2022, 14:52 WIB
Lembaga Think Tank Australia Soroti Indonesia, AS dan China Jadi Ancaman
Lembaga Think Tank Australia Soroti Indonesia, AS dan China Jadi Ancaman /Kolase Istimewa/

BERITA BANTUL – Masyarakat Indonesia semakin waspada terhadap China. Lembaga think tank Australia menyebut Indonesia harus menggandeng negara lain untuk membatasi kebangkitan China.

Pernyataan itu berdasarkan survei yang dilakukan Lowy Institute pada Desember 2021 lalu. Sebanyak 43 persen orang Indonesia merasa pertumbuhan China baik untuk Indonesia, turun dari 54 persen pada tahun 2011.

Akan tetapi, hampir setengah dari 3.000 responden berusia 17-65 mengatakan mereka percaya tujuan China untuk mendominasi kawasan.

Baca Juga: AS Persenjatai Taiwan, Paket Rudal Senilai Rp 1,3 Triliun Dikirim, China Ingatkan Washington: Siap Lawan!

Terkait pandangan terhadap investasi AS dan pentingnya bagi perekonomian Indonesia dalam survei menyebut tidak terlalu berpengaruh. Sebanyak 84 persen responden mengatakan Indonesia harus tetap netral dalam konflik AS-China.

Dalam survei itu juga memperlihatkan, responden menyimpan perasaan bersahabat dengan Arab Saudi, Jepang, UEA, Singapura, dan Palestina.

Para pemimpin Arab Saudi dan UEA menduduki peringkat teratas untuk popularitas dibandingkan dengan para pemimpin asing lainnya.

Lowy Institute yang bermarkas di Australia itu mengatakan tanggapan tersebut menunjukkan bahwa orang Indonesia melihat dunia melalui lensa yang lebih luas dari pada persaingan kekuatan besar AS-China.

Namun, perbedaan sentimen terhadap AS dan China sangat mencolok mengingat upaya mereka untuk terlibat dengan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: scmp.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x