Qunut di Shalat Witir Dilakukan di Akhir Ramadhan, Ternyata Ini Kisah dan Penjelasannya

- 26 Maret 2022, 22:47 WIB
Qunut di Shalat Witir Dilakukan di Akhir Ramadhan, Ternyata Ini Kisah dan Penjelasannya
Qunut di Shalat Witir Dilakukan di Akhir Ramadhan, Ternyata Ini Kisah dan Penjelasannya /Tangkapan Layar You Tube/ Muzammil Hasballah/

BERITA BANTUL – Bagi Sebagian umat muslim di Indonesia terlbih adalah warga nahdliyyin selalu melaksanakan doa qunut pada shalat Witir di akhir Ramadhan.

Banyak yang bertanya kenapa qunut Witir di bulan Ramadhan hanya dilakukan di akhir, sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah – KTB, berikut penjelasan lengkapnya.

Qunut pada shalat Witir hanya dilakukan di akhir Ramadhan, Hal itu disebabkan adanya riwayat dari sahabat Umar bin Khattab.

Baca Juga: Dahsyatnya Keberkahan dan Keutamaan Bulan Suci Ramadhan 2022, Hujan Pahala, Pintu Surga Tebuka Lebar

Ia memerintahkan sahabat Ubai untuk sholat tarawih bersama para sahabat yang lainnya 20 rokaat dan beliau juga memerintahkan agar tidak qunut dengan mereka kecuali pada setengah yang akhir.

Juga yang dilakukan oleh shohabat Ibnu Umar dan Mu'adz Al Qori'. Riwayat tersebut menjadi dalil madzhab Syaf'i,

Imam Syafi'i berkata: "Dan janganlah qunut kecuali dalam bulan Ramadhan pada setengah yang akhir darinya, dan seperti itulah dulu Ibnu Umar dan Mu'adz melakukannya."

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sedangkan menurut Imam Hanafi qunut dalam witir itu sunnah dalam seluruh tahun berdasarkan riwayat Ubai bin Ka'ab bahwa sesungguhnya Nabi shollallohu alaihi wasallam dulu melakukan qunut dalam sholat witir.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x