Hukum Puasa Sunnah Bulan Sya'ban, Ini Kata Sayyid Seif Alwi

- 16 Maret 2022, 11:02 WIB
Hukum Puasa Sunnah di Bulan Sya'ban, Ini Kata Sayyid Seif Alwi
Hukum Puasa Sunnah di Bulan Sya'ban, Ini Kata Sayyid Seif Alwi /tangkapan layar youtube Ahbaburrosul Indonesia/

BERITA BANTUL - Pimpinan Majlis Ahababurrosul Indonesia Sayyid Seif Alwi menjelaskan bahwa puasa sunnah sya'ban adalah sunnah, bukan bid'ah.

Pendapat itu didasarkan dari hadits yang diriwayatkan Sayyidah Ai'syah, istri Nabi Muhammad SAW.

Sayyid Seif Alwi juga menjelaskan keistimewaan atau fadilah menjalankan puasa sunnah Sya'ban, termasuk juga saat nisfu sya'ban.

Baca Juga: Nisfu Sya'ban 2022, Amalan Khusus yang Membuat Nabi Isa Takjub, Pahalanya Melebihi Ibadah 400 Tahun

Demikian dilansir BeritaBantul.com dari video dalam facebook Ahababurrosul Indonesia, 18 Maret 2021. 

Sayyid Seif Alwi menjelaskan itu berdasarkan Kitab Syarah Shahih Muslim Juz ke 4 karya Syaikh Nawawi, dimana ada riwayat hadist dari Sayyidah Aisyah RA.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللّٰهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ

Artinya: "Adalah kebiasaan Rasulullah SAW berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau setiap hari berpuasa dan kadang beliau biasa berbuka tidak berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak berpuasa.

Dan aku tidak melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadan. Dan aku tidak melihat Beliau SAW lebih banyak berpuasa daripada puasa di bulan Sya'ban."

Baca Juga: Nisfu Sya'ban 2022, Ini Niat Sebelum Membaca Surat Yasin 3 Kali Setelah Shalat Maghrib

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah