Sebelum Hindu, Agama Apa yang Dianut oleh Penduduk di Nusantara Ini? Begini Penjelasannya

- 26 Oktober 2022, 21:50 WIB
Sebuah agama yang diyakini banyak dipeluk penduduk Nusantara sebelum Hindu
Sebuah agama yang diyakini banyak dipeluk penduduk Nusantara sebelum Hindu /

BERITA BANTUL – Sebelum Hindu, agama apa yang dianut oleh penduduk di Nusantara ini? Begini penjelasannya.

Agama Hindu dikenal sebagai agama yang sangat tua di dunia. Bahkan awal mula keberadaannya pun sulit dilacak.

Hindu juga menjadi agama yang pernah dan masih dianut oleh penduduk Nusantara ini. Akan tetapi, ternyata ada agama sebelum Hindu yang dipeluk oleh mereka.

Meskipun Hindu merupakan agama yang sangat tua, rupanya ada sebuah agama atau keyakinan yang dipercaya sebagai kepercayaan masyarakat Nusantara.

Baca Juga: Sebuah Kerajaan di Sumatra Ternyata Pernah Mengutus Dua Orang Delegasi ke Madinah untuk Menemui Nabi Muhammad

Penduduk Nusantara, khususnya di Jawa, telah mengenal sebuah keyakinan kuno yang diperkirakan sebagai agama asli Jawa.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Suwardi yang dikutip oleh Muhammad Sulton Fatoni dalam bukunya yang berjudul Buku Pintar Islam Nusantara (Pustaka Iman, 2017), disebutkan orang-orang Nusantara sebelum Hindu meyakini bahwa setelah kematian, jiwa akan ada kehidupan yang kekal di alam roh.

Bagi orang Jawa kuno, keyakinan ini tidak lain merupakan agama Jawa asli. Mereka percaya bahwa jenazah yang dikubur menghadap arah utara dan jiwanya disembahyangkan, kelak jiwa itu akan kembali ke asal-usulnya.

Dengan demikian, secara pasti ada hubungan antara jiwa seseorang yang mati melalui makam yang ia difungsikan sebagai medium menyembahyangkan dan representasi kematian seseorang.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x