Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Pengajar Masjidil Haram yang Jadi Gurunya Ulama Nusantara

- 8 Februari 2022, 18:58 WIB
Sayyid Ahmad Zaini Dahlan
Sayyid Ahmad Zaini Dahlan /tarbiyahislamiyah/

BERITA BANTUL - Namanya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. Ulama terkemuka di Makkah yang jadi pengajar di Masjidil Haram. Kepadanya, para ulama Nusantara mengaji dan berguru ilmu-ilmu keislaman. 

Karya-karya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan juga banyak dikaji di berbagai pesantren dan perguruan tinggi Islam di Indonesia. Kepada jaringan aliran wahabi, Sayyid Ahmad mengkritik keras melalui karya bertajuk 'Fitnatul Wahabiyah'. 

Dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan diakui semua ulama, sangat mengesankan.

Baca Juga: Mau Curi Tebu Kiai Malah Gemetaran Lihat Bukti Kiainya Itu Wali, Kisah Gus Mus Saat Mondok di Lirboyo Kediri

Baca Juga: Dahsyatnya Baca Shalawat 1000 Kali dari Kiai Mahrus Aly Lirboyo, Lakukan Minimal 7 Hari, Buktikan Sendiri!

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari akun facebook Gus Zimam Hanif, ditegaskan bahwa Sayyid Ahmad Zaini Dahlan lahir pada tahun 1226 H /1811 M, riwayat lain lahir Jumadil Awwal 1233 H atau bertepatan pada tanggal 9 Maret 1818 M di Makkah.

Selengkapnya terkait sosok Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dan juga silsilah nasabnya sampai Rasulullah SAW sebagaimana berikut ini.

Sayyid Ahmad Zaini Dahlan adalah seorang Syeikhul Islam, Mufti Haromain dan Pembela Ahlus Sunnah Wal Jama`ah. Berasal dari keturunan yang mulia, ahlul bait Rosulullah Saw.

Silsilah beliau bersambung kepada Sayyiduna Hasan, cucu kesayangan Rasulullah Saw.

Berdasarkan kitab Taajul-A`raas, juz 2, halaman 702 karya al-Imam al-A`llaamah al-Bahr al-Fahhamah al-Habib A`li bin Husain bin Muhammad bin Husain bin Ja`far al-A`ththoos.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x