Kesedihan Sayyidah Zainab Cucu Rasulullah Saat Jadi Saksi Terpenggalnya Kepala Sayyidina Husein

- 9 Juli 2022, 10:35 WIB
Zainab cucu Rasulullah jadi saksi tragis peristiwa Karbala yang menimpa Sayyidina Husein
Zainab cucu Rasulullah jadi saksi tragis peristiwa Karbala yang menimpa Sayyidina Husein /afcebook/udin/

BERITA BANTUL - Kesedihan Sayyidah Zainab Cucu Rasulullah jadi saksi terpenggalnya kepala Sayyidina Husein bin Ali.

Sayyidah Zainab cucu Rasulullah adalah saudara Sayyidina Husein. Sama-sama lahir orang tua mulia, yakni Sayyidah Fatimah dan Sayyidina Ali.

Saat terjadi tragedi Karbala di mana kepala Sayyidina Husein dipenggal, Sayyidah Zainab jadi saksi langsung dan merasakan kesedihan yang mendalam. 

Baca Juga: Kisah Air Mata Yazid bin Muawiyah Saat Terpenggalnya Kepala Sayyidina Husein Cucu Rasulullah

Nama Sayyidah Zainab diberi langsung oleh kakeknya, Rasulullah SAW. Pemberian nama Zainab itu untuk mengenang putri Rasulullah yang meninggal karena dilukasi kaum kafir usai perang Badar. 

Sayyidah Zainab putri Sayyidah Fatimah dan Sayyidina Ali juga lahir dengan penuh kecerdasan, kedermawanan, dan kebeningan hati. Meniru jejak leluhurnya, yakni Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana dilansir dari catatan Hilma Rosyida Ahmad, Mesir, dijelaskan bahwa sosok Sayyidah Zainab adalah perempuan agung yang kuat di tengah kesedihan yang sangat dahsyat.

Kesedihan yang dahsyat itu tak lain adalah tragedi Karbala di mana kepala Sayyidina Husein dipenggal oleh tentara Yazid bin Muawiyah.

"Kalau kamu kumpulkan kesedihan yang ada di muka bumi, maka semua kesedihan itu tidak sebanding dengan yang dirasakan oleh Sayyidah Zainab," tegasnya.

Baca Juga: Sayyidah Zainab binti Ali, Cucu Rasulullah yang Cerdas dan Dermawan

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x