Profil Sayyidah Sukainah Putri Imam Husein bin Ali yang Jadi Saksi Karbala dan Digiring Dari Kufah Menuju Syam

- 2 Agustus 2022, 10:17 WIB
Profil Sayyidah Sukainah Putri Imam Husein bin Ali yang Jadi Saksi Karbala dan Digiring Dari Kufah Menuju Syam
Profil Sayyidah Sukainah Putri Imam Husein bin Ali yang Jadi Saksi Karbala dan Digiring Dari Kufah Menuju Syam /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Ini tentang profil Sayyidah Sukainah Putri Imam Husein bin Ali yang jadi saksi Karbala dan digiring dari Kufah menuju Syam.

Sayyidah Sukainah adalah cicit Nabi Muhammad SAW yang ikut menjadi saksi kejamnya pasukan Yazid bin Muawiyah saat membunuh Sayyidina Husein. 

Peristiwa Karbala sangat terkenang dalam hidup Sayyidah Sukainah, apalagi ayahnya dan saudara-saudaranya meninggal dalam tragedi tersebut. 

Baca Juga: Detik-detik Wafatnya Sayyidah Zainab Cucu Rasulullah, Dijemput Imam Ali dan Sayyidah Fatimah

Dijelaskan, bahwa Sayyidina Husein dengan Rabaab kecil yang merupakan salah satu putri Umru al-Qais bin Adiy, raja Bani Kalb, rombongan kaum Nasrani dari Syam yang datang ke Madinah danmasuk Islam di masa Sayyiduna Umar.

Sayyiduna Umar pun memberikan kepemimpinan rombongan itu pada Umru al-Qais.

Ketika rombongan keluar Madinah, Sayyiduna Ali dan kedua putra mengejar rombongan.

Lalu Sayyiduna Ali berkata bahwa: “Aku Ali bin Abi Thalib, sepupu Rasulullah SAW dan menantu Beliau dan kedua mereka ini adalah Al Hasan dan Al Husein, kedua putra dari putri Beliau az-Zahraa.”

Umru al-Qais menyambut baik, bahagia bisa bertemu dengan keturunan Sang Rasul yang tidak ditaqdirkan bertemu dengan Beliau.

Sayyiduna Ali berkata: “Kami ingin menjadi menantumu.”

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x