Keistimewaan Kiai Munawwir Krapyak Menurut Gus Ghofur Maimoen Zubair

- 12 Maret 2022, 09:00 WIB
Keistimewaan Kiai Munawwir Krapyak Menurut Gus Ghofur Maimoen Zubair
Keistimewaan Kiai Munawwir Krapyak Menurut Gus Ghofur Maimoen Zubair /kolase facebook/abdul.maimoen/

BERITA BANTUL - Ulama penting yang membawa bendera Al-Qur'an dari Yogyakarta adalah KH Muhammad Munawwir Krapyak.

Kiai Munawwir Krapyak, biasa disebut santri, melahirkan ulama-ulama besar yang membumikan Al-Qur'an di penjuru Nusantara.

Rahasia besar ditorehkan Kiai Munawwir Krapyak, karya-karya besar lahir dari Krapyak yang terletak di selatan Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat.

Baca Juga: Zuhud Mbah Abdul Karim Lirboyo, Tidak Tahu Nominal Uang, Tidak Pernah Lihat Jumlah Salam Tempel

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari facebook Abdul Ghofur Maimoen, 9 Maret 2018, dijelaskan rahasia besar sebelum Kiai Munawwir Krapyak mendirikan pesantren yang fenomenal itu.

"Pondok Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta didirikan oleh alm. KH. Muhammad Munawwir bin KH. Abdullah Rasyad pada tahun 1911," tulis Gus Ghofur, sapaan akrab putra Kiai Maimoen Zubair Sarang itu.

Gus Ghofur menegaskan, sebelum mendirikan pesantren, Munawwir kecil belajar di sejumlah tempat, di antaranya di Bangkalan mengaji kepada KH. Maksum dan KH. Kholil, di Semarang mengaji kepada Kyai Shalih Darat, dan di Watucongol mengaji kepada Kyai Abdurrahman.

Baca Juga: Keistimewaan Kyai Maimoen Zubair dan Abuya Dimyati Banten, Ternyata Punya 4 Kesamaan yang Dahsyat

"Pada tahun 1888 Munawwir remaja bertolak ke Arab Saudi untuk melanjutkan belajar, utamanya mendalami hafalan Al-Quran berikut tujuh qiraahnya. Ia belajar di Mekkah selama 16 tahun lalu dilanjutkan belajar di Madinah hingga kepulangannya tahun 1911," lanjut Rais Syuriah PBNU ini.

Menurutnya, cinta dan Kegigihan Kiai Munawwir Krapyak dalam menghafal Al-Quran dan mengajarkannya melahirkan tokoh-tokoh penghafal Al-Quran di Negeri ini.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Facebook Abdul Ghofur Maimoen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x