KH Sahal Mahfudh Menulis Kitab Sejak Masih di Pesantren, Ini Rahasianya

- 7 November 2022, 06:49 WIB
Rahasia KH Sahal Mahfudh Menulis Kitab Sejak Masih di Pesantren
Rahasia KH Sahal Mahfudh Menulis Kitab Sejak Masih di Pesantren /facebbok/udin/

KH Sahal Mahfudh adalah salah satu ulama besar yang dimiliki Indonesia. Menulis kitab sejak ngaji di di pesantren, ternyata punya rahasia yang luar biasa.

Kitab-kitab ilmiah pesantren yang dilahirkan KH Sahal Mahfudh diakui dunia internasional. KH Sahal Mahfudh ditempatkan sebagai ulama pakar fiqih dan ushul fiqih.

Keseharian KH Sahal Mahfudh adalah menjadi pengasuh Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati.

Baca Juga: Makna Disiplin dalam Keteladanan KH Sahal Mahfudh Kajen

Pengasuh Pesantren Inaratud Duja Pasucen Pati, KH Dr Jamal Makmur Asmani menjelaskan bahwa salah satu kitab karya KH Sahal Mahfudh adalah 'Al Bayanul Mulammah an Alfadzil Luma' (البيان الملمع عن ألفاظ اللمع). 

"Kitab ushul fiqh karya KH. MA. Sahal Mahfudh ini luar biasa," kata Kiai Jamal, sapaannya, yang juga santri KH Sahal Mahfudh.

Menurutnya, awalnya kitab ini mulai ditulis saat Kiai Sahal Mahfudh membaca kitab ini kepada para santri di Pondok Sarang.

"Ketika membaca kitab ini Kiai Sahal memberikan catatan (ta'liq) yang diambil dari karya Syaikh Yasin bin Isa al-Fadani, dan karya-karya syarah-hasyiyah lain dalam bidang ushul fiqh," tegasnya.

Baca Juga: Puisi Gus Dur, Aku Rindu Padamu Karya KH Dr Jamal Makmur Asmani

Lebih lanjut, Kiai Jamal menjelaskan bahwa Kiai Sahal menyelesaikan proses menulis ta'liq kitab saat menyelesaikan bacaan kitab Luma' pada malam selasa, Jumadil Ula tahun 1381 H.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x