Mau Diambil Menantu Gurunya di Tebuireng, KH Arwani Amin Kudus Tolak dengan Halus

- 7 Desember 2022, 22:11 WIB
Keistimewaan KH Arwani Amin Kudus Disaksikan KH Hasyim Asy'ari
Keistimewaan KH Arwani Amin Kudus Disaksikan KH Hasyim Asy'ari /youtube/kkw chanel/

TOKOH - Mau Diambil Menantu Gurunya di Tebuireng, KH Arwani Amin Kudus Tolak dengan Halus.

KH Arwani Amin Kudus adalah santri istimewa KH Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. Makanya, sang guru ingin mengambil santrinya untuk jadi anak menantunya. 

Kisah masyhur ini banyak direkam para santri dan kiai di Nusantara, karena KH Hasyim Asy'ari langsung meminta santrinya itu kepada ayahnya di Kudus. 

Baca Juga: Kisah Kedekatan Dua Waliyullah Mbah Hamid Pasuruan dan Mbah Arwani Kudus, Kisahnya Sangat Menggetarkan

Kisah ini dituturkan salah satu alumni Kudus, yakni KH Muharror Ali yang saat ini menjadi pengasuh Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Blora.

Menurut Pengasuh Pesantren Khozinatul Ulum Blora ini, KH Arwani Amin Kudus itu adalah sosok kiai komplit. Maka beruntunglah bagi yang pernah mengaji di pesantren Mbah Arwani.

"Simbah Kiai Arwani itu merupakan sosok Kiai yang lengkap. Selain menguasai Kitab Kuning, Mbah Arwani juga seorang pakar Ilmu Al-Qur’an dan Qirâ'at, juga seorang Mursyid Thariqah Naqsyabandiyyah.

Setidaknya ada 3 ilmu pokok penting yang dikuasai oleh Mbah Arwani, yaitu: Ilmu Syari'at, Ilmu Al-Qur’an dan Qirâ'at, dan Ilmu Tashawwuf dan Thariqat," tegas Kiai Muharror Ali dalam suatu acara Diklat Calon Guru Tahfidh Al-Qur’an Yayasan Arwaniyyah di Pati.

Bagi Kiai Muharror, seorang kiai pada umumnya saat ini hanya alim di satu bidang keilmuan saja dan tidak di bidang yang lain.

Ada yang alim kitab, tidak alim Qur'an. Ada yang alim Qur'an, tidak alim kitab. Ada yang alim Thariqat, tidak alim Qur'an. Tetapi Mbah Arwani tidak. Mbah Arwani menguasai semuanya.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x