31 Desember 2009, Detik-detik Pemakaman Gus Dur Dihadiri Jutaan Manusia Indonesia

- 31 Desember 2022, 11:59 WIB
31 Desember 2009, Detik-detik Pemakaman Gus Dur Dihadiri Jutaan Manusia Indonesia
31 Desember 2009, Detik-detik Pemakaman Gus Dur Dihadiri Jutaan Manusia Indonesia /facebook/adib/

TOKOH - 31 Desember 2009, Detik-detik Pemakaman Gus Dur Dihadiri Jutaan Manusia Indonesia.

31 Desember adalah detik akhir tahun yang selalu digunakan untuk persiapan pesta menyambut tahun baru dengan berbagai kegiatan atau wisata. 

Tapi pada 31 Desember 2009, jutaan manusia Indonesia justru datang bak lautan manusia menuju Pesantren Tebuireng Jombang untuk memberi penghormatan atas pemakaman jenazah KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. 

Baca Juga: Silsilah Nasab Gus Dur Sampai Rasulullah Dibenarkan Oleh Seorang Habib, Jalurnya Melalui Joko Tingkir!

Gus Dur dinyatakan meninggal dunia pada pukul 18.45 WIB, Rabu, 30 Desember 2009 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Penyebab meninggalnya dikarenakan komplikasi penyakit yang sudah dideritanya sejak lama.

Sebagai mantan Presiden RI, upacara pemakaman Gus Dur menjadi tanggungjawab negara. Maka, Protokol Istana Kepresidenan ambil alih proses pemakaman Gus Dur agar sesuai dengan tata cara kenegaraan. 

Tapi, itu tak bisa sepenuhnya dilaksanakan, karena Gus Dur dicintai jutaan manusia, apalagi kabar wafatnya Gus Dur membuat manusia Indonesia, khususnya warga nahdliyyin berduyun-duyun menuju Tebuireng Jombang. 

Maka, kompromi aturan kenegaraan dan tradisi umat Islam di Indonesia tak bisa dielakkan. Berikut ini adalah kesaksian Thanon Aria Dewangga yang saat itu bekerja di staf protokoler Istana. 

Kesaksian tersebut dikutip dari catatannya di facebook pribadinya yang diunggah pada 6 Januari 2010. Simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Ini yang Dirasakan Gus Yahya Saat Gus Dur Wafat 30 Desember 2009

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x