Isyarat Riyadloh Leluhur Jadi Rahasia Mbah Munawwir Krapyak Jadi Ulama Al Qur'an

- 3 Januari 2023, 16:55 WIB
Isyarat Riyadloh Leluhur Jadi Rahasia Mbah Munawwir Krapyak Jadi Ulama Al Qur'an
Isyarat Riyadloh Leluhur Jadi Rahasia Mbah Munawwir Krapyak Jadi Ulama Al Qur'an /almunawwir/

TOKOH - Isyarat Riyadloh Leluhur Jadi Rahasia Mbah Munawwir Krapyak Jadi Ulama Al Qur'an.

KH Muhammad Munawwir Krapyak Yogyakarta adalah ulama ahli Al Qur'an yang diakui semua jaringan ulama Nusantara dan dunia. 

Namanya masyhur dengan Al Qur'an yang melekat kuat dalam dirinya, bahkan sampai melakukan riyadloh (laku spiritual) yang dahsyat. 

Baca Juga: Dahsyatnya Ijazah Surat Al Fatihah Mbah Munawwir Krapyak, Amalkan Agar Semua Hajat Terkabul

Rahasia Mbah Munawwir, bisa disebut santri dan masyarakat, ternyata terletak dari laku riyadloh yang dijalani para leluhurnya yang ingin menjadi ahli Al Qur'an.

Impian dan cita-cita leluhur yang dibarengi laku riyadloh itu akhirnya melahirkan sosok ulama besar bernama Mbah Munawwir yang menjadi penghulu ulama Al Qur'an di Nusantara. 

Laku riyadloh leluhur ini ditegaskan oleh Kiai Zia Ul Haq, alumni Madrasah Huffadz Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.  

"Kiai Hasan Besari sangat ingin hapal Qur'an. Berbagai macam upaya ia lakukan agar dapat hapal kitab suci itu. Riyadhah lahir dan batin ia lakoni demi bisa meraih cita-cita tersebut. Namun ternyata beliau tak ditakdirkan menjadi hafidz Quran. Apakah upayanya percuma? Tidak," kata Kiai Zia.

Bukan hanya itu, lanjutnya, putra beliau, Kiai Abdullah Rosyad, juga demikian. Selama sembilan tahun melakukan riyadloh menghapal Quran, tak jua berhasil. Apakah upayanya juga percuma? Tidak.

"Suatu hari saat berada di Makkah, Kiai Abdullah Rosyad mendengar ada hatif (suara tanpa rupa) membisikkan padanya bahwa anak-cucunyalah yang akan menjadi para ahlul Quran," kisahnya.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x