Anda Penggemar Keris? Ternyata Bantul Punya Dusun Pengrajin Keris yang Sudah Turun Temurun

- 16 Maret 2022, 09:21 WIB
Anda Penggemar Keris? Ternyata Bantul Punya Dusun Pengrajin Keris yang Sudah Turun Temurun
Anda Penggemar Keris? Ternyata Bantul Punya Dusun Pengrajin Keris yang Sudah Turun Temurun /Tangkapan Layar Facebook/ Pemkab Bantul/

BERITA BANTUL – Keris merupakan senjata yang telah ada sejak nenek moyang, selain digunakan sebagai pusaka keris juga memiliki nilai estetika seni yang tinggi.

Di era modern ini mungkin kita akan kesusahan mencari tempat pembuatan Keris, karena kemampuan membuat keris tidak dimiliki semua orang dan harus diwariskan turun temurun.

Dilansir BeritaBantul.com dari akun Facebook Pemkab Bantul, ternyata Kabupaten Bantul masih menyimpan pusat pembuatan pusaka Keris.

Baca Juga: Ingin Sukses Mendidik Santri Jadi Wali? Ini Resep dari Sunan Kalijaga, Mbah Husein Ilyas Beberkan Rahasianya

Adalah Dusun Banyusumurup yang terletak di Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Bagi para penggemar keris, Dusun Banyusumurup di Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri, Bantul terkenal sebagai tempat tinggalnya para empu, hingga kini menjadi sentra wisata kerajinan Keris,” tulis akun Pemkab Bantul.

Dusun Banyusumurup saat ini memiliki banyak perajin aksesoris Keris yang beraneka ragam seperti warangka, pendok, deder, dan mendak.

Baca Juga: Saat Sunan Kalijaga Menembus Ruhani Nabi Khidir, Ini yang Terjadi dalam Lakon Wayang Dewa Ruci

“Untuk bilah Keris biasanya perajin memesan dari Madura, Gunung Kidul hingga Klaten, Jawa Tengah,” lanjut akun Pemkab Bantul

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Pemkab Bantul


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x