Bumi Menjerit Saat Kamu Tidur Usai Shalat Subuh, Ini Rahasianya

- 2 Februari 2022, 15:46 WIB
bumi menjerit saat kamu tidur usai shalat subuh
bumi menjerit saat kamu tidur usai shalat subuh /facebook.com/robert.azmi.18/

BERITA BANTUL - Selesai menjalankan shalat Subuh, memang enak rasanya kalau digunakan untuk tidur. Tapi, melakukan kegiatan yang positif jauh lebih baik untuk menjemput rizki Allah.

Nabi Muhammad SAW juga yang mengajarkan agar kita sibuk dzikir usai shalat Subuh, karena pahalanya sangat besar. 

Kalau mau digunakan untuk bekerja juga baik, karena pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan. 

Baca JugaKisah Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Nabi Adam, Ini Alasannya

Sebagaimana yang dikutip BeritaBantul.com dari kitab 'Al-Adzkar An-Nawawi' yang diterbitkan Darul Kutub Al-Ilmiyyah yang ditulis Syekh Syarafuddin An-Nawawi dijelaskan sebagai berikut. 

Ada hadits Nabi yang sangat bagus untuk jadi refleksi di pagi hari. 

 

 
مَنْ صَلَّى الفَجرَ في جَماعة ثم قَعَدَ يَذكُرُ اللَّهَ تعالى حتى تَطْلُعَ الشمْسُ ثم صَلى رَكعَتَيْنِ كانَتْ كأجْرِ حَجَّةٍ وعُمْرَةٍ تامَّةٍ تامَّةٍ تامَّةٍ
“Siapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian duduk seraya berdzikir kepada Allah Ta’ala hingga terbitnya matahari, lalu melaksanakan shalat dua rekaat (dhuha), maka itu seperti pahala haji dan umrah yang sempurna! sempurna! sempurna!”
Pahala yang ditegaskan hadits ini sungguh luar biasa, yakni seperti pahala haji dan umrah secara sempurna, bukan setengah-setengah. Ini yang mesti direnungkan, jangan sampai kita lalai.
Ada juga penjelasan yang luar biasa dari hadits lain.
 
 
قال علقمة بن قيس: بلغنا أن الأرض تعجُّ إلى الله تعالى من نومة العالِم بعد صلاة الصبح
“Kata Imam ‘Alqamah bin Qais an-Nakhai (salah satu pemuka tabiin): ‘Telah sampai pada kami sebuah hadis: Sungguh! Bumi akan merintih, menjerit, mengeluh pada Gusti Allah Ta’ala sebab tidurnya orang berilmu setelah shalat subuh!”
 
 
Kalau bumi tidak ingin menjerit, maka segeralah menyiapkan kegiatan-kegiatan positif di pagi hari usai shalat Subuh. Bisa menyiapkan kerja, olah raga, masak, dan lain sebagainya.
Semua bermanfaat buat kita semua.***

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x