Kisah Kewalian Mbah Malik Purwokerto Diungkap Habib Luthfi Bin Yahya

- 3 Februari 2022, 08:57 WIB
Kisah Kewalian Mbah Malik Purwokerto
Kisah Kewalian Mbah Malik Purwokerto /tangkapan layar YouTube.com/@Malik Crew Official

BERITA BANTUL – Syekh Muhammad Abdul Malik merupakan salah satu waliyullah yang sudah masyhur di seluruh Nusantara. Beliau berasal dari Kedungparuk Purwokerto Jawa Tengah. Kewalian Mbah Malik sudah banyak diungkap oleh para santrinya.

Salah satu santri kesayangan beliau adalah Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya Pekalongan. Habib Luthfi saat masih muda pernah belajar kepada Mbah Malik.

Dari proses belajarnya itu banyak kisah-kisah kewalian dan ketawadlu’an Mbah Malik yang disaksikan langsung dan diceritakan oleh Habib Luthfi yang juga merupakan Rais ‘Aam Idaroh Aliyah Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN).

Baca Juga: Bumi Menjerit Saat Kamu Tidur Usai Shalat Subuh, Ini Rahasianya

Salah satunya seperti yang dikutip BeritaBantul.com dari video yang diunggah di Facebook Kyai Kampung yang di upload pada 1 Februari 2022. Dalam unggahan tersebut Habib Luthfi menceritakan salah satu bukti ketawadhuan gurunya itu.

Habib Luthfi bercerita, Saya sangat kagum dengan guru saya, Sayyidi Syekh Muhammad Abdul Malik. Beliau kalau mau makan pasti berpakaian rapi, Mbah Malik ini seorang waliyullah luar biasa.

Kalau makan paling tidak memakai baju koko, kalau tidak pakai kaos yang ada lengannya, rapi kopyahnya, sarungnya padahal mau makan.

Lama-lama saya terpancing juga Namanya santri. Jadi saya tanya, Mohon maaf Kiai saya minta diajarin bagaimana caranya adab kita makan.

Guru saya menjawab: Ayik atau Habib, Saya makan itu bukan kita menghormati atau mengkultuskan nasi atau minuman, tetapi air ini makhluk, nasi juga makhluk.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x