Kisah KH Abdul Hamid Pasuruan Menyadarkan Seorang Pemuda

- 4 Februari 2022, 00:50 WIB
Kisah KH Abdul Hamid Pasuruan dengan Seorang Pemuda
Kisah KH Abdul Hamid Pasuruan dengan Seorang Pemuda /Instagram/

BERITA BANTUL – KH. Abdul Hamid Pasuruan merupakan salah satu ulama dari Jawa Timur yang sudah masyhur akan kewaliannya. Banyak sekali kisah-kisah kewalian Mbah Hamid yang diceritakan oleh santrinya.

Kewalian Mbah Hamid Pasuruan memang sudah mu’tabar dipelosok negeri. Mbah Hamid mu’tabar bahwa beliau ini adalah seorang waliyullah. Dan tidak ada i’radh (pertentangan) dari kalangan kiai manapun.

Seperti sebuah kisah Mbah Hamid Pasuruan dengan seorang pemuda yang diceritakan oleh Habib Umar Muthohar. Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari channel You Tube NU Online yang diunggah pada 24 Oktober 2020.

Baca Juga: Kisah Gus Mus tentang Dahsyatnya Tafsir Al-Ibriz yang Ditulis KH Bisri Mustofa Rembang

Habib Umar Muthohar bercerita tentang cara seorang waliyullah Mbah Hamid Pasuruan dengan seorang pemuda.

“Mbah Hamid ini mempunyai kebiasaan, kalau selesai sholat subuh wirid dulu baru turun dari masjid. Habis sholat dhuha baru turun dari masjid” Ungkap Habib Umar

Rumah beliau sampai masjid itu melewati kampung. Sehingga ketika selesai wiridan dan begitu turun dari masjid, orang sudah banyak menunggu untuk bersalaman.

“Mbah Hamid itu wali, tetapi seorang wali itu juga manusia biasa, ada rasa kelelahan dan itu basyariyah (manusiawi).” Lanjut Habib Umar

Mungkin beliau saat itu sedang capek, akhirnya Mbah Hamid mengatakan, sudah tidak perlu salaman, dan didoakan saja. Namun ternyata diantara orang yang berkerumun itu, ada seorang pemuda yang belum pernah tahu kehidupan kiai.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: You Tube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x