Sejarah Singkat Iblis: Pernah Jadi Pemimpin Bumi dan Langit, Tapi Durhaka Gara-gara Sombong

- 17 Maret 2022, 15:05 WIB
Sejarah Singkat Iblis: Pernah Jadi Pemimpin Bumi dan Langit
Sejarah Singkat Iblis: Pernah Jadi Pemimpin Bumi dan Langit /kolase pixabay/

BERITA BANTUL - Iblis jadi makhluk yang fenomenal karena sejarah kelamnya saat menolak perintah Allah terkait sujud kepada Nabi Adam.

Kesombongan Iblis menjadikannya sosok yang jadi musuh Adam dan keturunannya.

Walaupun tafsir ulama beragam, tapi orang yang durhaka sering dialamatkan dengan sebutan iblis. 

Baca Juga: Jin Diciptakan 2000 Tahun Sebelum Manusia, Kata Ahli Tafsir Imam Thabari

Demikian dilansir BeritaBantul.com dari facebook Ustadz Lukman Hakim Husnan, dijelaskan kisah singkat sosok iblis menurut para ulama tentang sosok iblis yang awalnya adalah penduduk bumi.

Berdasarkan dari kitab Akam al-Marjan, Ustadz Lukman menjelaskan pernyataan Ishaq ibn Bisyr al-Qurasyi terkait awal mula sosok iblis.

"Allah menciptakan jin dan memerintahkan mereka mengurus bumi. Mereka taat dan menyembah Allah. Hingga setelah sekian lama, mereka jadi senang menumpahkan darah. Bahkan malaikat yang dikirim untuk mereka pun, yang bernama Yusuf, mereka bunuh," tegas Ustadz Lukman yang diunggah pada  pada 3 September 2019.

Baca Juga: Kisah Aisyah Istri Nabi Membunuh Jin, yang Terjadi Kemudian Tak Terduga

Dari kisah itu, lanjutnya, orang bisa menilai bahwa tidak semua jin berwatak haus darah (safaku al-dima’). Ini karena terdapat sekelompok jin, yang meskipun mulanya merupakan penduduk bumi, tetapi dipekerjakan untuk mengurus langit dunia, ada yang menyebut menjadi palang pintu surga.

"Di antara mereka terdapat tokoh yang bahkan kegigihannya dalam taat serta tingkatan ilmunya jauh melampaui malaikat. Mempunyai empat sayap di punggung, makhluk ini, seperti dikutip Imam al-Thabari dari Ibn Abbas, bernama Al-Harits," tegas Ustadz Lukman.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Ustadz Lukman Hakim Husnan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x