Lubangi Tembok Pengimaman, Syaikhona Kholil Tunjukkan Arah Kiblat Kepada Anaknya

- 26 Maret 2022, 08:24 WIB
Lubangi Tembok Pengimaman, Syaikhona Kholil Tunjukkan Arah Kiblat Kepada Anaknya
Lubangi Tembok Pengimaman, Syaikhona Kholil Tunjukkan Arah Kiblat Kepada Anaknya /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Persoalan arah kitab menjadi sangat penting bagi ulama, bagi menjadi syarat sah jalani shalat. Demikian juga untuk Syaikhona Kholil Bangkalan.

Walaupun sering dikenal shalat langsung di Masjidil Haram, Syaikhona Kholil tetap selalu membenahi arah kiblat bagi masjid-masjid di sekitarnya. 

Salah satunya adalah kasus masjid yang dibangun santri yang jadi putra menantunya, yakni Kiai Muntaha.

Baca Juga: Jutaan Manusia Ziarah Bangkalan, Ternyata Ini Rahasia Tingginya Karomah Syaikhona Kholil

Kiai Muntaha adalah putra menantu Syaikhona Kholil yang sangat masyhur. Kiai Muntaha dikenal alim, menguasai banyak cabang ilmu keislaman. 

Sebagai ulama yang masyhur, Kiai Muntaha kemudian membangun masjid sebagai bagian dari sarana dakwah kepada masyarakat dan jamaahnya. 

Melihat langkah kreatif sang menantu, Syaikhona Kholil memantau dan mengamati pembangunan masjid dengan bahagia. Tapi, ada satu hal yang membuat Syaikhona Kholil resah, yakni arah kiblat yang tidak tepat.

Baca Juga: Pertemuan Rahasia di Alas Roban, Dihadiri Ulama Penting dari Banten Sampai Bangkalan

"Hai Kiai Muntaha, itu arah kiblatnya kurang tepat. Dibetulkan ya," demikian yang disampaikan Syaikhona Kholil kepada menantunya.

Karena orang alim, Kiai Muntaha menjelaskan secara ilmiah arah kiblat kepada sang guru yang mertuanya. Tentu, Kiai Muntaha menentukan arah kiblat dengan standar ilmiah sebagaimana dalam ilmu falak. 

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x