Kharisma Sayyid Muhammad Al-Maliki Saat Mengajar di Masjidil Haram

- 24 April 2022, 15:44 WIB
Kharisma Sayyid Muhammad Al-Maliki Saat Mengajar di Masjidil Haram
Kharisma Sayyid Muhammad Al-Maliki Saat Mengajar di Masjidil Haram /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Selain mengajar di pesantrennya Rushaifah, Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki juga mengajar di Masjidil Haram Makkah.

Namanya sangat masyhur di Makkah, karena kealimannnya sudah diakui para ulama besar pada jamannya.

Sayyid Muhammad punya cara unik dan kharismatik dalam mengajarkan ilmu di Masjidil Haram sehingga membuat santrinya terkesima. 

Baca Juga: Rahasia Kewalian Kiai Hamid Pasuruan Disingkap Wali Ulama Besar Makkah

Dikisahkan, setelah Sayyid Alawi al-Maliki, ayahandanya Abuya Sayyid Muhammad, dipanggil ke hadirat Allah, majlis taklim yang dipimpin olehnya di Rawaq Babus Salam dan di Babul Fath Masjidil Haram jadi kosong.

Sata itu belum ada yang menggantikan, tak terkecuali putra sulungnya sendiri, yakni Abuya Sayyid Muhammad yang masih muda.

Selama beberapa hari tempat itu sepi dari hiruk-pikuknya para santri, dan sunyi dari para syekh yang menerangkan kajian kitab.

Karena itu, beberapa masyayikh Makkah yang juga teman-teman Sayyid Alawi mulai mendatangi kediaman Abuya di al-Utaibiyyah.

Baca Juga: Setelah Dapat Ijin Rasulullah, Sayyid Muhammad Baru Melakukan Suatu Pekerjaan

Mereka merayu dan menawari Abuya untuk menggantikan ayahandanya dalam mengajar dan memberi manfaat ilmu kepada masyarakat, agar amal jariah almarhum mengalir kepada beliau, namun beliau tidak langsung mau menerima tawaran tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah