Hati-Hati, Riya! Begini Bahayanya Kata Imam Al-Ghazali

- 12 Mei 2022, 09:38 WIB
Ibadah sholat merupakan kewajiban bagi umat Islam, berikut Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 12 Mei 2022 Kabupaten Kuningan
Ibadah sholat merupakan kewajiban bagi umat Islam, berikut Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 12 Mei 2022 Kabupaten Kuningan /Pixabay/Mohamed_hassan/

 

BERITA BANTUL – Sudah barang tentu bahwa setiap Muslim itu mengharapkan keridaan dari Allah dalam setiap amal dan ibadah yang dilakukannya. Akan tetapi, tidak jarang bahwa amal dan ibadah itu tercampur dengan riya karena sifat ingin dipuji oleh orang lain.

Riya, yakni memamerkan kebaikan amal dan ibadah agar dilihat oleh orang sehingga mendapat pujian, itu mengundang bahaya yang tak main-main.

Baca Juga: Rahasia dan Hakikat Shalat Menurut Waliyullah Imam Al-Haddad

Ada dua kejahatan dan dua musibah yang bisa diakibatkan oleh riya. Begini penjelasan Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Minhaj Al-‘Abidin.

Kejahatan pertama yang diakibatkan dari riya ialah kejahatan yang tertutup, yaitu mencaci malaikat. Malaikat senantiasa menaikkan amal si hamba dan malaikat tersebut merasa bergembira dengan hal itu.

Hanya saja, Allah menyuruhnya agar membuangnya ke neraka karena Allah tidak berkehendak dengan amal ibadah yang dilakukan dengan riya.

Baca Juga: Cara Agar Iman Makin Kuat untuk Raih Berkah Bahagia Dunia Akhirat

Dengan begitu, tersingkaplah keadaan si hamba itu di sisi malaikat sehingga membuat malaikat itu seolah dicaci maki.

Kejahatan yang kedua ialah kejahatan yang terang-terangan, yakni pada hari kiamat kelak dosa dari perbuatan riya tersebut disingkap dan dipersaksikan sehingga siapa saja bisa mengetahuinya.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah