Kebaikan Dunia dan Akhirat Terdapat dalam 5 Hal Ini Kata Imam Al-Syafi’i

- 31 Mei 2022, 14:21 WIB
/pixabay/Sponchia/

BERITA BANTUL - Dunia dan akhirat merupakan dua alam yang saling berkelindan bagi manusia. Dunia adalah tempat hidup sebelum kematian, sementara akhirat adalah tempat hidup setelah kematian.

Dunia adalah ladang untuk manusia itu menanam. Sementara itu, akhirat adalah panen dari tanaman di dunia.

Dengan demikian, apa yang seseorang dapatkan di akhirat itu tergantung dengan apa yang telah dilakukannya di dunia. Baik dan buruk, surga dan neraka, nikmat dan siksa, semua itu akan ada perhitungannya masing-masing.

Imam Al-Syafi’i memberikan resep untuk kebaikan dunia dan akhirat agar ketika menanam di dunia ini nantinya akan bagus hasil panennya di akhirat.

Baca Juga: Profil Imam Al Syafi'i Pendiri Mazhab Syafi'iyyah, Momen Perjuangan Menuntut Ilmu

Dikutip dari buku berjudul Manaqib Imam Asy-Syafi’i (Al-Kautsar, 2017) karya Imam Fakhruddin Ar-Razi, disebutkan Imam Al-Syafi’i menuturkan bahwa kebaikan dua alam tersebut ada dalam lima hal berikut.

Yang pertama adalah kekayaan jiwa. Jiwa yang kaya akan membuat dada seseorang menjadi lapang sehingga hati tidak mudah tersinggung.

Hal ini memicu seseorang untuk bahagia, bersikap husnuzhan terhadap Allah, dan melakukan kebajikan dengan penuh semangat.

Baca Juga: Manfaat Ilmu dan Ilmu yang Tak Bermanfaat menurut Imam Al-Syafi’i

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah