Seperti Apa Batasan Mampu Dalam Berkurban? Ini Penjelasan Lengkapnya

- 7 Juni 2022, 10:45 WIB
Warga melakukan pemotongan hewan kurban secara mandiri. Dimasa wabah penyakit mulut dan kaki masyarakat dihimbau lakukan penyembelihan di Rumah Potong Hewan.
Warga melakukan pemotongan hewan kurban secara mandiri. Dimasa wabah penyakit mulut dan kaki masyarakat dihimbau lakukan penyembelihan di Rumah Potong Hewan. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

BERITA BANTUL – Semua umat muslim tentu ingin berkurban untuk menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dengan cara berkurban dengan untuk mengingat peristiwa agung Nabi Ibrahim diperintah Allah Swt untuk menyembelih nabi Ismail.

Dan luar biasanya nabi Ismail sama sekali tidak takut dan ikut perintah Allah dan dikurbankan untuk mengikuti perintah Allah swt.

Baca Juga: Ratusan Hewan Ternak di Cianjur Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Namun itu semua butuh pengorbanan yang tinggi untuk mencapai keimanan dan ketakwaan yang diinginkan oleh umat muslim.

Dirangkum BeritaBantull, Lalu bagiamana Batasan Mampu Dalam Berkurban?

Jika waktu itu ia ada uang yang turah/lebih untuk mencukupi kebutuhannya, anak istrinya maka baru boleh mengeluarkannya.

قال الزركشي ولا بد أن تكون فاضلة عن حاجته وحاجة من يمونه على ما سبق في صدقة التطوع لانها نوع صدقة انتهى وظاهر هذا أنه يكفي أن تكون فاضلة عما يحتاجه في يومه وليلته وكسوة فصله كما مر وينبغي أن تكون فاضلة عن يوم العيد وأيام التشريق فإنها وقتها كما أن يوم العيد وليلة العيد وقت زكاة الفطر واشترطوا فيها أن تكون فاضلة عن ذلك

حواشي الشرواني والعبادي - (ج 9 / ص 344)

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: Bangkit Media


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah