Ratusan Hewan Ternak di Cianjur Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

- 6 Juni 2022, 19:45 WIB
Petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut memeriksa sapi yang terindikasi terjangkiat wabah PMK.
Petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut memeriksa sapi yang terindikasi terjangkiat wabah PMK. /Humas Pemda/

BERITA BANTUL – Penyakit Mulut dan Kuku yang terjangkit kepada hewan ternak ini meresahkan para petani dan peternak.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dislutkanak Cianjur, Ade Dadang di Cianjur Senin, mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan pemilik dan pengelola peternakan untuk tidak melakukan kegiatan termasuk jual beli hewan ternak sampai dinyatakan sapi yang terjangkit sembuh.

Dikutip dari Antara, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Cianjur, Jawa Barat, mencatat 143 ekor sapi di sejumlah peternakan di Cianjur terindikasi Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) empat ekor diantaranya dipastikan tertular berdasarkan tes PCR.

Baca Juga: Luhut Umumkan Tiket Borobudur Naik, Gus Hilmy Nilai Akan Timbulkan Kesenjangan Wisatawan

"Kami menemukan 143 ekor sapi terindikasi PMK, 60 ekor diantaranya berstatus suspek, 79 lainnya terduga dan sisanya 4 ekor sudah dinyatakan tertular setelah dilakukan pemeriksaan darah," katanya.

Seratusan lebih ekor sapi yang terindikasi PMK itu, terdapat di enam peternakan yang tersebar di Kecamatan Cilaku, Cianjur, Sukaresmi dan Mande.

Sapi yang terindikasi sedang dilakukan pengobatan dan perawatan dari petugas, sehingga peternak dilarang mengeluarkan hewan ternak-nya, selama masa inkubasi atau 14 hari.

Ia menjelaskan, ditemukan-nya seratusan lebih ekor sapi yang terjangkit PMK berawal dari satu peternak yang membeli sapi di Pasar Ingon-ingon, Ciwareng, Kabupaten Purwakarta tanpa melakukan pemeriksaan kesehatan yang ketat.

Baca Juga: 3 Poin HKTI Menyarankan Pembutukan Satgas Wabah PMK Untuk Hewan Ternak Kurban

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah