Kisah Sufyan Al-Tsauri dengan Seekor Anjing, Sisi Lain Binatang yang Dihinakan Manusia

- 8 Juni 2022, 00:07 WIB
/pixabay/Dez_mez/

BERITA BANTUL – Kisah orang-orang saleh senantiasa memberikan pencerahan. Salah satu kisah yang menarik ialah kisah seorang saleh yang bahkan dijuluki sebagai manusia suci. Dialah Sufyan Al-Tsauri.

Selain terkenal sebagai seorang yang saleh dan zuhud, Sufyan juga menonjol keterkenalannya dalam bidang fikih dan akidah.

Sementara itu, salah satu kisahnya yang menarik ialah ketika ia memberikan roti kepada seekor anjing sebagai makanannya.

Baca Juga: Kisah Sufyan Al-Tsauri dan Seekor Burung yang Diselamatkannya, Kasih Sayang sesama Makhluk Allah

Dikutip dari buku berjudul Tadzkiratul Auliya (Zaman, 2018) karya Fariduddin Attar, disebutkan salah satu kisah Sufyan Al-Tsauri. Kali ini, kisahnya tentang Sufyan dan seekor anjing.

Pada suatu hari, Sufyan sedang menyantap sepotong roti ketika seekor anjing lewat. Ia lantas memberikan roti itu kepada si anjing secuil demi secuil.

Melihat apa yang dilakukan oleh Sufyan tersebut, seseorang penasaran dan bertanya, “Mengapa engkau tidak memakannya beserta istri dan anak-anakmu saja?”

Baca Juga: Kisah Harun Al-Rasyid Naik Haji dan Ditegur oleh Al-Umari, Nasihat tentang Tanggung Jawab Pemimpin

Sufyan pun menjawab, “Jika roti ini kuberikan pada si anjing, ia akan menjagaku sepanjang malam sehingga aku dapat beribadah dengan tenang. Jika roti ini kuberikan kepada anak dan istriku, mereka akan menghalangiku beribadah kepada Allah.”

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x