Kisah Munajat Nabi Yusuf, Bahkan Seorang Nabi pun Memohon Hal Ini kepada Allah

- 11 Juni 2022, 22:40 WIB
Doa sebagai ikhtiar hamba memohon sesuatu kepada Sang Pencipta
Doa sebagai ikhtiar hamba memohon sesuatu kepada Sang Pencipta /pixabay/mohamed_hassan

BERITA BANTUL – Nabi Yusuf a.s. adalah satu di antara sekian nabi yang diutus Allah untuk kebaikan umat manusia. Kisahnya termaktub dalam kitab suci Islam. Bahkan kisahnya terdapat dalam satu surah utuh, yakni  surah Yusuf.

Dalam kisahnya, ada sebuah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yusuf a.s. Doa tersebut termaktub dalam QS. Yusuf ayat 101. Berikut ini lafal doanya:

...فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ.

(Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Berikut Ini Serangkaian Doa yang Berhubungan dengan Hujan

Jika kita memahami doa tersebut, bahkan seorang nabi saja memohon kepada Allah agar diwafatkan dalam keadaan Islam dan bergabung dengan orang-orang yang saleh.

Padahal, seorang nabi itu pasti dijamin wafat dalam Islam. Bisa dipastikan pula bahwa nabi itu orang yang saleh.

Akan tetapi, Nabi Yusuf a.s. memohon kepada Allah agar diwafatkan dalam keadaan Islam dan digabungkan dengan orang-orang saleh.

Dikutip dari buku berjudul Doa-Doa Mustajab Para Nabi (Cemerlang, 2020) karya Ali Abdullah, disebutkan doa tersebut dengan penjelasan yang merujuk pada beberapa kitab tafsir, salah satunya Tafsir Ibn Katsir.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah